Record Details

KORELASI ANTARA KUALITAS SKENARIO DAN KEEFEKTIFAN DISKUSI TUTORIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Jurnal Bio Komplementer Medicine

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KORELASI ANTARA KUALITAS SKENARIO DAN KEEFEKTIFAN DISKUSI TUTORIAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
 
Creator Izza Oktavia Purhadi, Lailia
Anisa, Rizki
Firmansyah, Marindra
 
Description Pendahuluan:. Terdapat beberapa faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Salah satunya yaitu metode pembelajaran Problem Based Learning PBL khususnya kualitas skenario dan keefektifan diskusi kelompok tutorial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara kualitas skenario dan keefektifan diskusi terhadap prestasi akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISMA.Metode: Desain deskriptif analitik pendekatan cross sectional. Data primer didapatkan dari kuesioner kualitas skenario dan keefektifan diskusi yang telah tervalidasi sedangkan data prestasi akademik didapatkan dari program studi kedokteran. Sampel penelitian sejumlah 490 mahasiswa. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman untuk menguji korelasi antara keefektifan diskusi dan kualitas skenario terhadap prestasi akademik dan uji regresi linier berganda untuk menguji faktor yang mempengaruhi prestasi akademik.Hasil: Pada uji korelasi spearmen didapatkan P-value < 0.05 artinya terdapat korelasi antara kualitas skenario dengan nilai prestasi akademik. Hasil uji korelasi antara keefektifan diskusi dengan prestasi akademik mahasiswa didapatkan P-value < 0.05 sehingga terdapat korelasi antara keefektifan diskusi dengan prestasi akademik.Perbedaan kualitas skenario dan keefektifan diskusi terhadap prestasi akademik dengan uji regresi linier berganda didapatkan, keefektifan diskusi lebih berpengaruh signifikan dibandingkan kualitas skenario terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai P value < 0,05Kesimpulan: Kualitas skenario dan keefektifan diskusi sama sama berpengaruh signifikan terhadap presstasi akademik dengan kekuatan yang lebih baik pada keefektifan diskusi.Kata kunci : Prestasi Akademik, kualitas skenario, keefektifan diskusi tutorial
 
Publisher Jurnal Bio Komplementer Medicine
 
Contributor
 
Date 2020-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8960
 
Source Jurnal Bio Komplementer Medicine; Vol 7, No 2 (2020)
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/8960/7321
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Bio Komplementer Medicine