Record Details

PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU 26 MALANG

Jurnal Dewantara

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK A RA MUSLIMAT NU 26 MALANG
 
Creator Fitria, Nur Aini
 
Description Kemampuan berbahasa anak merupakan suatu hal penting karena dengan bahasa tersebut anak dapat berkomunikasi dengan teman atau orang-orang disekitarnya, permasalahannya yaitu kurangnya wawasan guru dalam memilih metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga didapat penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa anak pada penelitian ini..Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur empat tahap yaitu: tahap perncanaan;  tahap tindakan; observasi serta refleksi.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan penerapan metode bercerita di Ra Muslimat NU 26 Malang  dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok karena terjadi peningkatan prosentase anak yang memenuhi kriteria ketuntasan bahasa anak dari siklus I 42% naik menjadi 82% pada siklus II yang masuk pada kriteria sangat baik, dan terjadi kenaikan sebesar 95%. Sehingga dari pengamatan dari siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan.
 
Publisher UNISMA
 
Contributor
 
Date 2019-01-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/1821
 
Source Jurnal Dewantara; Vol 1, No 1 (2019): Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 7-13
2655-6332
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/1821/1723
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Dewantara