Record Details

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN TASIKMADU, LOWOKWARU MALANG

JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI HIDAYATUL MUBTADI’IN TASIKMADU, LOWOKWARU MALANG
 
Creator Dia, Arisma
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode role playing untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang, serta untuk mengetahui pelaksanaan metode role playing dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Pendekatan penelitian ini digunakan untuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menggunakan beberapa ada tahap perencanaan, ada tahap pelaksanaan tindakan, ada tahap observasi, dan ada juga tahap refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian dalam siklus I dan II yakni adanya peningkatan minat belajar siswa kelas III setelah melaksanakan penerapan metode role playing. Dalam persentase siswa yang mencapai KKM pada di siklus I pada awalnya nilai  rata-rata ini dilihat dari pre test sebesar 47,2%. Di siklus I ini mencapai 60,4 dan meningkat sekitar 13%. Sedangkan pada siklus II yang semula minat belajar nilai dibawah rata-rata sebesar 60,4. Di siklus II ini ada perubahan meningkat menjadi 74,4 atau kira-kira 14%. Dan ini menujukkan bahwa 90% siswa berhasil dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan minat belajarnya tinggi dalam menggunakan metode role playing. Berdasarkan hasil perolehan nilai siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan metode role playing ini berhasil, karena dapat meningkatkan minat belajar siswa yang rendah menjadi tuntas dengan indikator hasil >75%.Kata Kunci: Metode Role Playing, Bahasa Indonesia, Minat Belajar.
 
Publisher JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2019-02-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2656
 
Source JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah; Vol 1, No 1 (2019); 40-47
2776-2033
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2656/4487
 
Rights Copyright (c) 2019 JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah