Record Details

PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA MADRASAH DI MI AL-MA’ARIF 02 SINGOSARI

JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA MADRASAH DI MI AL-MA’ARIF 02 SINGOSARI
 
Creator Khoirunnisya, Titin
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis peneltian deskriptif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru. Obyek peelitian ini berupa kondisi akhlakul karimah di MI Al-Ma’arif 02 Singosari, faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai-nilai akhlakul karimah terhadap peserta didik. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang dilakukan adalah 1.) observasi 2.) wawancara 3.) studi dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu 1.) lembar observasi 2.) lembar wawancara 3.) lembar studi dokumentasi. Data analisis menggunakan reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan : kondisi akhlakul karimah di MI Al-Ma’arif 02 Singosari dikatakan cukup baik. Faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik di MI Al-Ma’arif 02 Singosari hasil penelitian menyatakan bahwa ada 3 faktor penghambat diantaranya: a.) Lingkungan siswa b.) adanya perbedaan karakter pada peserta didik c.) Pilihan strategi guru. Adapun yang menjadi factor pendukung ada 2 diantaranya: a.) kekompakan teman-teman guru b.) niat kuat guru dan peserta didik. Adapun strategi dan upaya penanaman nilai-nilai akhlakul karimah terhadap peserta didik melalui budaya madrasah yang dapat dilakukan oleh pihak terkaid seperti Kepala Sekolah, Guru, Waka Kesiswaan, dan Guru piket diantaranya yakni: 1). Guru mengembangkan pola perilaku peserta didik. 2) Adanya peraturan dan teguran 3) Adanya Guru piket. 4) Motivasi siswa. 5) Adanya Tata Tertib. 6) Kerjasama dengan seluruh pihak sekolah, keluarga dan masyarakat. 7) Membiasakan peserta didik untuk melakukan kultur budaya madrasah dengan baik.
 
Publisher JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2019-05-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2655
 
Source JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah; Vol 1, No 1 (2019); 29-39
2776-2033
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2655/4486
 
Rights Copyright (c) 2019 JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah