Record Details

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DIMADRSAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TASIKMADU MALANG

JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DIMADRSAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN TASIKMADU MALANG
 
Creator Kurnia, Resti
 
Description Prestasi belajar disekolah sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dari siswa tersebut dalam memahami materi. Kecenderungan pemahaman yang kurang menarik dan kurang menggugah minat belajar siswa merupakan hal yang wajar dialami guru. dalam hal ini peran seorang guru dalam pengembang ilmu sangat besar untuk memilih dan melaksanakan metode pembelajaran yang tepat dan efisien bagi peserta didik.Dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan interaksi antara guru dan siswa yang memiliki tujuan. Agar tujuan ini dapat tercapai sesuai dengan target dari guru itu sendiri,maka sangatlah perlu terjadi interaksi positif yang terjadi antara guru dan siswa. Penelitian skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar kelas II dan kelas V pada mata pelajaran akidah akhlak materi kalimat toyyibah dan asmaul husna. Data yang diambil yaitu mencatat hasil observasi, dalam setiap wawancara terhadap guru dan siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran akidah akhlak. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP. Data tersebut kemudian diolah secara didiskripsikan secara kualitatif. Disini guru menggunkan strategi pembelajaran ekspositori ,inkuiri, kooperatif ,konstektual, afektif, dan pembelajaran kemampuan berpikir. Dan hasil belajar adalah tolak ukur dari suatu interaksi belajar dan selalu diakhiri dengan evaluasi belajar. Dan dari sisi siswa hasil belajar merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar atau hail belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pelajaran. Dan hasil belajar dapat dilihat dari akhir nilai siswa.Kata Kunci: Strategi, Meningkatkan ,Hasil Belajar
 
Publisher JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
 
Contributor
 
Date 2019-05-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2654
 
Source JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah; Vol 1, No 1 (2019); 48-55
2776-2033
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/2654/4485
 
Rights Copyright (c) 2019 JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah