Record Details

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) MELALUI KITAB JAUHARATUT TAUHID DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH CANDIRENGGO SINGOSARI MALANG

Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) MELALUI KITAB JAUHARATUT TAUHID DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH CANDIRENGGO SINGOSARI MALANG
 
Creator Qohar, Abdul
 
Description AbstrakPondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang sifatnya tradisional untuk tafaqquh fiddin (memperdalam ilmu agama Islam) dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup (way of life). Tantangan berat setiap pesantren adalah bagaimana cara pembelajaran aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang efektif agar aqidah para santri menjadi kokoh. Pembelajaran kitab klasik dalam disiplin ilmu aqidah Ahlu Sunah wal Jama’ah itu banyak sekali. Diantara kitab-kitab tersebut adalah kitab Jauharatut Tauhid.Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran kitab Jauharatut Tauhid di pesantren al-Fattah Candirenggo Singosari Malang, efektivitas pembelajaran yang mencakup efektivitas selama proses pembelajaran dan efektivitas sebagai metode pembelajaran yang menghasilkan tujuan yang menjadi harapan, yaitu dapat mengerti dan mengamalkan materi ajar secara baik.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis.Kesimpulan yang diperoleh peneliti adalah konten akidah  Aswaja dalam  kitab Jauharatut Tauhid  adalah konsep hukum ilmu ushuluddin (pokok-pokok agama). Metode dalam pembelajarannya adalah bandongan dan sorogan. Sedangkan tingkat efektivitasnya sudah baik dan mengalami peningkatan kualitas secara signifikan. Hasil pembelajaran kitab Jauharatut Tauhid di Pondok Pesantren ini kusus aspek kognitif termasuk dalam kategori belum baik dengan indikator nilai  muhafadhah (hafalan) kurang baik, nilai menterjemah nadham kurang baik dan nilai menjabarkan setiap nadham juga kurang baik. Kata Kunci: efektifitas pembelajaran, ahlus sunnah wal jama’ah.  AbstractIslamic boarding school is one of the traditional Indonesian Islamic educational institutions for tafaqquh fiddin (studying the knowledge of Islam) and practicing it as a way of life. The big challenge for every Islamic boarding school is how to teach the Ahlus Sunnah wal Jama'ah creed effectively so that the aqidah of the students becomes solid. The yellow book learning in the discipline of Ahlu Sunah wal Jama'ah aqidah is a lot. Among these books is the book Jauharatut Tauhid.This study aims to determine the effectiveness of learning the book of Jauharatut Tauhid at Pesantren al-Fattah Candirenggo Singosari Malang, the effectiveness of learning which includes effectiveness during the learning process and effectiveness as a teaching method that produces the expected goals, namely being able to understand teaching materials well.The method used in this study is a qualitative descriptive method. While the data collection using interviews, observation, and documentation, then analyzed.The conclusion obtained by the researcher is that the content of Aswaja's faith in the book Jauharatut Tauhid is the legal concept of ushuluddin science (religious principles). The method of learning is bandongan and sorogan. While the level of effectiveness is good and has significantly improved quality. The results of learning the book of Jauharatut Tauhid at this Islamic Boarding School, especially the cognitive aspect, are included in the not good category with indicators of poor muhafadhah (memorization) value, the value of translating nadham is not good and the value of describing each nadham is also not good. Keywords: effectiveness of learning, Ahlus Sunnah wal Jama'ah. 
 
Publisher Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2021-08-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12469
 
Source Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 2 (2021): AGUSTUS; 163-174
2337-6325
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12469/9891
 
Rights Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan