INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR DENGAN PONDOK PESANTREN AN-NUR 2 AL MURTADLO BULULAWANG KAB. MALANG.
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR DENGAN PONDOK PESANTREN AN-NUR 2 AL MURTADLO BULULAWANG KAB. MALANG.
|
|
Creator |
Ilmi, Mohamad Fahmi Hafidil
|
|
Description |
Abstrak Pendidikan adalah alat utama dalam menunjang ilmu pengetahuan. Sebab di dalam Pendidikan banyak sekali hal-hal baru yang dapat di pelajari dan di pahami. Pendidikan sendiri ada yang berbasis Pendidikan umum dan juga Pendidikan agama. Kebanyakan Pendidikan yang ada di indonesia berbasis Pendidikan umum yang hanya menunjang pengetahuan umumnya saja dan minim akan Pendidikan agama.Hal seperti ini akan menimbulkan ketidak seimbangan pada pengetahuan. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Proses Integrasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama An-nur dengan PondokiPesantreniAn-nuri2 Al MurtadloiBululawangiKab. Malang. UntukiMengetahuiiBagaimana Implementasi Integerasi PendidikaniAgamaiIslamidi SekolahiMenengahiPertamaiAn-nur dengan PondokiPesantreniAn-nuri2 AliMurtadlo BululawangiKab.iMalang.UntukiMengetahuiiBagaimana Evaluasi Integrasi Pendidi-kaniAgamaiIslam di SekolahiMenengahiPertama An-nur dengan Pondok Pesantren An-nur 2 Al Murtadlo Bululawang Kab. Malang.iiiiiiiPenelitianiiniimenggunakanipendekatanikualitatifidaniberbentukideskriftif.haliiniidiikarenakanipenelitiiberusahaimemaparkanirealitaiyangiadaitanpaimemerlukanidataiyangiberupaiangka-angkai dan berusahaimenggambarkanisuatuikeadaanidanimenggaliiinformasiisejelas-jelasnya.iDenganikatailainipenelitianiiniimenuturkanidanimenafsirkanidataiyangiada.iPelaksanaanimetode-metodeideskriftifitidakiterbatasihanyaisampaiipadaipengumpulanidataidan pe-nyusunani data.iAkanitetapiimeliputiianalisaidaniInterprestasiitentangidataitersebut. Berdasarkan hasil temuan penelitian: 1. Proses Integrasi PendidikaniAgamaiIslam di Sekolah Menengah Pertama An-nur dengan Pondok Pesantren An-nur 2 Al Murtadlo Bululawang Kab. Malang Berawal dari harapan Pengasuh Pondok Pesantren serta dorongan dari para Alumni serta Wali santri yang mengharapkan adanya pendidikan formal sehingga nantinya dapat menunjang pengetahuan Santri akan Pendidikan Formal. 2. Implementasi Pendidikan Agama Islam di Smp An-nur adalah hasil integrasi dari Kurikulum Kitab-kitab yang di kaji di Pondok Pesantren dan untuk penerapannya di Smp An-nur di tekankan Pada Praktek. 3. Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Smp An-nur berjalan dengan baik. Hasil tersebut di buktikan dari hasil rapat bulanan yang di bahas oleh pengurus Pondok Pesantren Serta guru. Kata kunci: Proses Integrasi,Implementasi Integrasi,Evaluasi Integrasi.
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/10665
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 2 (2021): AGUSTUS; 1-18
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/10665/8419
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|