Record Details

Inklusivisme Konsep Etika Religius pada Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Inklusivisme Konsep Etika Religius pada Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
 
Creator Yenuri, Ali Ahmad
 
Description AbstrakKajian tentag konsep etika religius pada tingkat sekolah dasar menjadi sangat penting karena ia merupakan basis etis dalam menjalankan pralaku beragama. Dalam konteks pendidikan agama Islam di sekolah dasar, etika religius bisa ditemukan terutama pada materi PAI. Etika religius yang tersebar pada semua materi PAI tersebut secara umum mengandung basis etis bagi inklusivisme. Sebagai sebuah konsep yang inklusif, etika tersebut bisa menjadi modal penting baik bagi guru maupun siswa mengingat kedua sekolah tersebut terdiri dari guru dan siswa yang multikultur, baik dari sisi etnis, agama, maupun budaya. Kajian ini bertujuan untuk menemukan konsep etika religius yang tersebar pada materi PAI dan menemukan inklusivisme pada konsep etika religius dalam materi PAI. Peneliti menggunakan perpaduan antara kajian teks dan penelitian kualitatif berjenis fenomenologi. Hasil penelitian menemukan tiga hal. Pertama, berdasarkan pemetaan yang dilakukan peneliti, konsep etika religius tersebut meliputi etika ketuhanan, etika kenabian, etika keagamaan, etika kemanusiaan, etika kebangsaan, dan etika lingkungan. Kedua, inklusivisme bisa ditemukan dalam konsep etika religius. Secara umum konsep-konsep etika riligius yang tersebar dalam materi PAI mengandung pemikiran, nilai, sikap dan tindakan inklusif. Ketiga, pada domain pembelajaran, konsep etika religius tersebut juga berkaitan dengan inklusivisme pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan sosial.    Kata Kunci: Inklusivisme, Konsep Etika Religius, Materi PAI. AbstractThe study of the concept of religious ethics at the elementary school level is very important because it is the ethical basis for practicing religious practice. In the context of Islamic religious education in elementary schools, religious ethics can be found especially in the material of Islamic Education. The religious ethics that are spread across all the PAI materials generally contain an ethical basis for inclusivism. As an inclusive concept, ethics can be an important asset for both teachers and students considering that the two schools consist of teachers and students who are multicultural, both from an ethnic, religious and cultural perspective. This study aims to find the concept of religious ethics that is spread in Islamic Education material and to find inclusivism in the concept of religious ethics in Islamic Education material. Researchers use a combination of text study and qualitative phenomenological research. The results of the study found three things. First, based on the mapping conducted by researchers, the concept of religious ethics includes divine ethics, prophetic ethics, religious ethics, human ethics, national ethics, and environmental ethics. Second, inclusivism can be found in the concept of religious ethics. In general, the concepts of religious ethics that are spread in PAI materials contain inclusive thoughts, values, attitudes and actions. Third, in the learning domain, the concept of religious ethics is also related to inclusivism in cognitive, affective, psychomotor, and social aspects. Keywords:  Inculusivism, religious ethics, subject matter of religious education.
 
Publisher Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2020-10-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/8993
 
Source Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 2, No 2 (2020): AGUSTUS; 163-180
2337-6325
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/8993/7334
 
Rights Copyright (c) 2020 TURATSUNA