PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PLUS QURROTA A’YUN KOTA MALANG
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PLUS QURROTA A’YUN KOTA MALANG
|
|
Creator |
Karjadi, Taufig
|
|
Description |
SD Plus Qurrota A’yun selain menerima siswa normal pada umumnya, juga menerima siswa yang berkebutuhan khusus slow learner (lambat belajar). Secara fisik, siswa slow learner tidak berbeda dengan siswa lainnya, hanya saja dari tingkat akademis, memiliki nilai di bawah standar minimal, dan mereka cenderung pasif dalam belajar. Sebagai solusinya, guru perlu menerapkan pembelajaran aktif bagi siswa slow learner yaitu penggunaan strategi Active Learning dikombinasikan dengan metode Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan kualitas belajar siswa slow learner di SD Plus Qurrota A’yun.Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsi-kan perencanaan penggunaan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here bagi siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang; 3) Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi pembelajaran setelah menggunakan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here bagi siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang.Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai kondisi sekolah SD Plus Qurrota A’yun dan pembelajaran bagi siswa slow learner dengan menggunakan strategi Active Learning dikombinasikan dengan metode Everyone is a Teacher Here, selanjutnya direduksi dan diverifikasi serta ditarik kesimpulan.Adapun kesimpulan dari tesis ini, 1) dalam perencanaan, guru mempersiap-kan perangkat pembelajaran, mengalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dari materi yang akan diajarkan, menyiapkan media yang relevan, dan membuat instrumen evaluasi pembelajaran; 2) dalam pelaksanaan, guru mengabungkan siswa dalam kelompok, dibagikan kartu berisi poin-poin materi pada tiap kelompok untuk didiskusikan dan tanya jawab, siswa slow learner tempat duduknya diatur dekat dengan meja guru untuk mempermudah pengawasan. siswa bergantian menjelaskan atau menjawab kartu poin yang diterima, seolah-olah siswa berperan sebagai guru bagi kelompoknya; 3) dalam evaluasi, terlihat adanya peningkatan antusiame siswa slow learner dalam pembelajaran aktif menggunakan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here; Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran. Siswa slow learner lebih aktif; dan Peningkatan kreativitas dalam pembelajaran.Kata Kunci: Active Learning, Everyone Is a Teacher, Siswa Berkebutuhan Khusus (Slow Learner)
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-11-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9174
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 2, No 2 (2020): AGUSTUS; 211-226
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9174/7402
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|