Record Details

PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PLUS QURROTA A’YUN KOTA MALANG

Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PLUS QURROTA A’YUN KOTA MALANG
 
Creator Karjadi, Taufig
 
Description SD Plus Qurrota A’yun selain menerima siswa normal pada umumnya, juga menerima siswa yang berkebutuhan khusus slow learner  (lambat belajar). Secara fisik, siswa slow learner tidak berbeda dengan siswa lainnya, hanya saja dari tingkat akademis, memiliki nilai di bawah standar minimal, dan mereka cenderung pasif dalam belajar. Sebagai solusinya, guru perlu menerapkan pembelajaran aktif bagi siswa slow learner yaitu penggunaan strategi Active Learning dikombinasikan dengan  metode  Everyone is a Teacher Here  untuk  meningkatkan kualitas belajar siswa slow learner di SD Plus Qurrota A’yun.Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsi-kan perencanaan penggunaan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Active Learning dan metode Everyone is a Teacher Here bagi siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang; 3) Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi pembelajaran setelah menggunakan strategi Active Learning dan  metode Everyone is a Teacher Here bagi siswa berkebutuhan khusus (slow learner) di SD Plus Qurrota A’yun Kota Malang.Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi mengenai kondisi sekolah SD Plus Qurrota A’yun dan pembelajaran bagi siswa slow learner dengan menggunakan strategi Active Learning dikombinasikan dengan  metode  Everyone is a Teacher Here, selanjutnya direduksi dan diverifikasi serta ditarik kesimpulan.Adapun kesimpulan dari tesis ini, 1) dalam perencanaan, guru mempersiap-kan perangkat pembelajaran, mengalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar dari materi yang akan diajarkan, menyiapkan media yang relevan, dan membuat instrumen evaluasi pembelajaran; 2) dalam pelaksanaan, guru mengabungkan siswa dalam kelompok, dibagikan kartu berisi poin-poin materi pada tiap kelompok untuk didiskusikan dan tanya jawab, siswa slow learner tempat duduknya diatur dekat dengan meja guru untuk mempermudah pengawasan. siswa bergantian menjelaskan atau menjawab kartu poin yang diterima, seolah-olah siswa berperan sebagai guru bagi kelompoknya; 3) dalam evaluasi, terlihat adanya peningkatan antusiame siswa slow learner dalam pembelajaran aktif menggunakan strategi Active Learning dan  metode Everyone is a Teacher Here; Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran. Siswa slow learner  lebih aktif; dan Peningkatan kreativitas dalam pembelajaran.Kata Kunci: Active Learning, Everyone Is a Teacher, Siswa Berkebutuhan Khusus (Slow Learner)
 
Publisher Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2020-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9174
 
Source Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 2, No 2 (2020): AGUSTUS; 211-226
2337-6325
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9174/7402
 
Rights Copyright (c) 2020 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan