INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI
|
|
Creator |
Ariffin, Moch
|
|
Description |
Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam paling tua di Indonesia. Keberadaan pesantren mahasiswa sangat penting dalam membekali mahasiswa dengan pendidikan agama setelah mereka memperoleh pendidikan formal di bangku kuliah. Untuk mencapai tujuan pesantren mahasiswa sebagai institusi pembentuk karakter maka diperlukan analisa mendalam terhadap nilai-nilai pendidikan Islam, implementasi dan model-model pendidikan karakter yang ada di pesantren mahasiswa. Dengan adanya analisa mendalam, maka pesantren mahasiswa sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal diharapkan mampu membangun keselarasan program kependidikannya dengan pendidikan formal di perguruan tinggi dan juga kebutuhan di masyarakat. Demikian juga diharapkan memberi manfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang kebijakan pendidikan Islam dan karakter di institusi pendidikan non formal, baik berupa temuan konsep-konsep baru, atau revisi dan menambah terhadap konsep yang sudah ada.Kata Kunci : nilai-nilai pendidikan Islam, karakter, model Pesantren is one of the oldest Islamic education institutions in Indonesia. The existence of pesantren student is very important in equipping students with religious education after they get formal education in college. To achieve the objectives of student boarding schools as character building institutions, an in-depth analysis of the values of Islamic education, implementation and models of character education in student boarding schools is needed. With this in-depth analysis, the pesantren of students as non-formal Islamic educational institutions are expected to be able to build alignment of their educational programs with formal education in universities and also the needs of the community. It is also expected to provide benefits in the development of science, especially in the field of Islamic education policy and character in non-formal educational institutions, either in the form of finding new concepts, or revising and adding to existing concepts. Keywords: islamic education values, character, model
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-08-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/4734
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 1, No 2 (2019): AGUSTUS; 52-59
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/4734/4283
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 TURATSUNA
|
|