Record Details

PENERAPAN TEKNIK MNEMONIC KATA KUNCI DALAM PEMBELAJARAN TAREKH KELAS IV MADRASAH DINIYAH NURUL ULUM PUTRI KEBONSARI MALANG

Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN TEKNIK MNEMONIC KATA KUNCI DALAM PEMBELAJARAN TAREKH KELAS IV MADRASAH DINIYAH NURUL ULUM PUTRI KEBONSARI MALANG
 
Creator Azizah, Noor Laila
 
Description Abstrak            Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran tarekh yang berada dibawah KKM, dikarenakan sumber belajar yang terbatas, waktu belajar yang kurang dan siswa sulit memahami materi dalam jangka waktu panjang. Sehingga dalam penelitian ini, guru memberikan alternatif solusi yakni dengan menerapkan teknik mnemonic kata kunci dalam pembelajaran tarekh  kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. Berdasarkan konteks penelitain, terdapat tiga fokus masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tarekh dengan menggunakan teknik mnemonic kata kunci kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tarekh dengan menggunakan teknik mnemonic kata kunci kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. 3) Bagaimana pengevaluasian pembelajaran tarekh dengan menggunakan teknik mnemonic kata kunci kelas IV Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kelas (classroom research). Data penelitian diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Madrasah Diniyah Kebonsari Malang. Data penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Penerapan teknik mnemonic kata kunci dalam pembelajaran tarekh dilakukan melalui kegiatan perencanaan dengan menyiapkan RPP, lembar observasi guru dan siswa, dan pelaksanaan evaluasi. Kemudian pelaksanaannya disesuaikan dengan RPP yang telah disusun. Penerapan teknik mnemonic kata kunci dalam pembelajaran tarekh dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta siswa dapat memahami materi dalam jangka waktu panjang.Kata Kunci: Teknik mnemonic kata kunci, pembelajaran tarekh AbstractThis study is conducted due to the fact that the learning students’ outcome in the learning process of tarekh is below the KKM (Minimum Completeness Criteria), due to limited learning resources, the lack of study time, and students’ difficulty in understanding the material for a long time. Therefore, in this study the teacher provides an alternative solution by implementing mnemonic keyword technique in the learning process of tarekh towards fourth graders of Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. Based on the context of this study, there are three focused problems proposed in this study, namely as follows: 1) How to plan tarekh learning using mnemonic keyword technique towards fourth graders of Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. 2) How to conduct tarekh learning using mnemonic key word technique towards fourth graders of Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. 3) How to validate the learning of tarekh using mnemonic keyword technique towards fourth graders of Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. This study is Classroom Research using a qualitative approach. The research data is obtained through the teaching and learning process in the classroom. The data collection technique used are interview, observation, and documentation. The subject of the study are fourth graders of Madrasah Diniyah Nurul Ulum Putri Kebonsari Malang. The Research data is analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. implementation of mnemonic keyword technique in tarekh learning were done through planning activities by preparing RPP (Lesson Plan), teacher and student observation sheets, and evaluation. Then, the implementation is adjusted to the RPP (Lesson Plan) that has been prepared. The implementation of mnemonic keyword technique in tarekh learning can improve students' learning outcome as well as students’ understanding of the material for a long time.Keywords: mnemonic keyword technique, tarekh learning
 
Publisher Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2021-10-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13500
 
Source Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 4, No 1 (2022): FEBRUARI; 24-30
2337-6325
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13500/10491
 
Rights Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan