PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AR ROIHAN LAWANG
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN GURU PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AR ROIHAN LAWANG
|
|
Creator |
Chotimah, Miftachul
|
|
Description |
AbstrakBanyaknya anak berkebutuhan khusus yang belum bisa bersosialisasi dengan baik di lingkungan masyarakat, menjadikan mereka mendapatkan perlakuan yang tidak baik. Perlunya peningkatan kemampuan bersosialisasi terutama dalam menjalankan ibadah dengan baik bersama masyarakat di lingkungan sekitarnya.Konteks penelitian ini adalah (1) Bagaimana Guru Pendamping Khusus merencanakan pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (2) Bagaimana Guru Pendamping Khusus melaksanakan pembelajaran untuk Anak berkebutuhan khusus (3) Bagaimana guru pendamping khusus mengevaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi bagi anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtida’iyah Terpadu Ar-Roihan Lawang.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang selanjutnya data dianalisis dengan teknik kondensasi data, display data dan menverifikasi untuk mendapatkan suatu kesimpulan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dalam merencanakan pembelajaran, guru pendamping khusus bekerja sama dengan guru kelas atau guru mata pelajaran untuk merencanakan pembelajaran yang menarik dan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan sosialisasinya sesuai dengan kondisi anak berkebutuhan khusus. (2)Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara keseluruhan dari program-program yang sudah dibuat. Layanan non akademik yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak berebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus. Seperti layanan komunikasi sosial,, kompensatoris dan terapi. (3) Mengevaluasi pembelajaran di buat agar dalam melakukan penilaian dari setiap kegiatan baik akademik maupun non akademik memiliki acuan yang tepat. Kata Kunci : Peran Guru Pendamping, Kemampuan Sosialisasi, Peserta didik Berkebutuham Khusus The large number of children with special needs who have not been able to socialize well in the community, makes them get bad treatment. The need to increase social skills, especially in carrying out worship well with the community in the surrounding environment.The context of this research is (1) How Special Assistance Teachers plan learning for Children with Special Needs (2) How Special Assistance Teachers carry out learning for children with special needs (3) How special companion teachers evaluate learning to improve social skills for children with special needs at Madrasah Ibtida 'yeah Integrated Ar-Roihan Lawang.The research method used is a qualitative descriptive approach. Collecting data from observations, interviews, and documentation, then the data is analyzed using data condensation techniques, data display and verification to get a conclusion.The conclusions of this study are (1) In planning learning, special companion teachers work with class teachers or subject teachers to plan interesting learning and activities to improve their socialization skills according to the conditions of children with special needs. (2) Implementation of learning is carried out as a whole from the programs that have been made. Non-academic services are carried out to improve the socialization skills of children with special needs. The child with special needed. Such as social, compensatory, communication services and therapy. (3) Evaluating learning is made so that the assessment of each activity, both academic and non-academic, has the right reference. Keywords: Role of Assistant Teachers, Socialization Skills, Students with Special Needs
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9745
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 1 (2021): FEBRUARI; 84-100
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9745/7944
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|