PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI SHOLAT BERJAMAAH DI SMP NEGERI 1 WINONGAN KABUPATEN PASURUAN
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI SHOLAT BERJAMAAH DI SMP NEGERI 1 WINONGAN KABUPATEN PASURUAN
|
|
Creator |
Choiron, Choiron
|
|
Description |
ABSTRAK Kata Kunci : Peran, Guru Pendidikan agama islam, Meningkatkan kedisiplinan, sholat berjamaah. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting untuk memulai suatu hal dengan baik dan benar terutama untuk melaksanakan sholat secara berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Guru pendidikan agama islam SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan dengan segala kemampuan yang ada berusaha baik secara dhohir maupun batin bagaiamana dapat meningkatkan kedisiplinan siswa terutmama untuk melaksanakan sholat secara berjamaah hususnya di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Fokus penelitian ini adalah : ( 1 ) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan ( 2 ) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Peran guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan ( 3 ) bagaimana mengatasi adanya hambatan dari peran guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan sisiwa melalui sholat berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. dalam metodenya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sementara teknik pengumpulan data dialkukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ( 1 ) menunjukan bahwa peran guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan secara garis besar menguunakan ( a ) memberikan pembelajaran materi PAI sesuai dengan ketentuan ( b ) memberikan tauladan yang baik kepada siswanya ( c ) meningkatkan kecerdasan spiritual siswa ( d ) mengajak siswa untuk mengerjakan sholat berjamaah sebelum pelajaran dimulai. ( 2 ) faktor yang mendukung dan menghambat peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah di SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. faktor pendukung guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah, siswa SMP Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan mayoritas berasal dari daerah-daerah yang religious. Untuk faktor penghambatnya terdiri dari sarana dan prasarana yang minim sehingga untuk melaksanakan kgiatan bersama, seperti sholat berjamaah tidak bisa dilakukan secara bersama-sama yakni bergantian ( 3 ) peran guru Pendidikan agama islam dalam mengatasi adanya hambatan-hambatan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui sholat berjamaah. Berusaha untuk mengisi semaksimal mungkin untuk menutupi beberapa kendala-kendala tersebut agar tetap istiqomah dalam melaksanakan sholat berjamaah, memberikan keteladanan yang baik, serta berusaha semaksimal mungkin baik secara dhohir maupun batin. Kata Kunci : Peran, Guru Pendidikan agama islam, Meningkatkan kedisiplinan, sholat berjamaah. ABSTRACTKeywords: Role, Learning Strategeis for Islamic Education Teachers, Improving, praying in congregation. Discipline is very important to start something well and correctly, especially to pray in congregation at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency. Learning Stratgies for Islamic Education Teachers, teachers at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency, with all their abilities, try both physically and mentally how to improve student discipline, especially to pray in congregation, especially at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency.The focus of this research is: (1) What is the role of Learning Strategies for Islamic Education Teachers, teachers in improving student discipline through congregational prayers at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency (2) what factors support and hinder the role of Learrning Strategies for Islamic Education Teachers, teachers in improving student discipline through congregational prayers at SMP Negeri 1 Winongan Pasuruan Regency (3) how to overcome the obstacles from the role of Learning Strategies teachers in improving student discipline through congregational prayers at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency.This research was conducted at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency. in the method this research uses a qualitative approach, while the data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation.The results of the study (1) show that the role of Learning Strategis for Islamic Education Teachers, teachers in improving student discipline at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency in general uses (a) to provide Learning Strategies for Islamic Education Teachers, learning material in accordance with the provisions (b) to provide good examples to students (c) to increase spiritual intelligence student (d) invites students to pray together before the lesson begins. (2) factors that support and hinder the role of Learning Strategies for Islamic Education Teachers teachers in improving student discipline through congregational prayers at SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency. the supporting factors of Learning Strategies for Islamic Education Teachers, teachers in improving student discipline through congregational prayers, the majority of students from SMP Negeri 1 Winongan, Pasuruan Regency, come from religious areas. The inhibiting factor consists of minimal facilities and infrastructure so that to carry out joint activities, such as congregational prayers cannot be done together, namely alternately (3) the role of Learning Strategies for Islamic Education Teachers teachers in overcoming obstacles to improve student discipline through congregational prayers. Trying to fill in as much as possible to cover some of these obstacles in order to remain istiqomah in carrying out congregational prayers, provide good examples, and try as much as possible both physically and mentally. Keywords: Role, Learning Strategeis for Islamic Education Teachers, Improving, praying in congregation.
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12514
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 2 (2021): AGUSTUS; 189-202
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/12514/9893
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|