STRATEGI PENANAMAN SIKAP TOLERANSI BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 KOTA MALANG
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENANAMAN SIKAP TOLERANSI BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 KOTA MALANG
|
|
Creator |
Peuohaq, Abd. Halim
|
|
Description |
Abstrak Strategi guru dalam melakukan pembelajaran menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk mempengaruhi siswa mencapai tujuannya. Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang merupakan salah satu sekolah unggulan. Dalam rangka mewujudkan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dalam kegiatan sehari-hari, langkah-langkah komponen pendukung di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang dalam suatu sistem kerja yang harmonis dimulai dari pimpinan sekolah, dewan sekolah, guru. dan karyawan hingga mahasiswa dengan struktur organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penanaman sikap toleransi yang ditanamkan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang (2) menjelaskan strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam untuk menanamkan sikap toleransi, (3) mendeskripsikan hasil yang diperoleh dengan menanamkan sikap toleransi yang ditanamkan pada siswa. Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang berisi penjelasan tentang data yang diperoleh di lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan mengolah data dari sumbernya, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Evaluasi penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap toleransi yang ditanamkan adalah sikap toleransi dan toleransi dalam kehidupan sosial masyarakat (2) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam adalah metode pembelajaran yang mendorong pemahaman dan pengamalan serta mendiskusikan apa yang telah dipelajari. Juga, strategi lain adalah dengan melibatkan siswa secara langsung dalam masalah kelompok. (3) Sikap toleransi yang tercermin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang adalah meningkatkan kerjasama dan gotong royong tanpa memandang status sosial siswa dan mampu menyelesaikan masalah yang timbul dalam kelompok akibat keberagaman.Kata kunci: Strategi sikap bertoleransiAbstract The teacher's strategy for conducting learning uses a variety of learning methods to influence students to achieve their goals. Madrasah Aliyah Negeri 1 The city of Malang is one of the main schools. In order to realize Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang City as a quality educational institution, then in the daily activities, the steps of the support components in Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang City in a harmonious work system starting with the school leaders, school boards, teachers and employees to students. with organizational structure. This study aims to (1) discover the inculcation of attitudes of tolerance that are instilled in Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang City (2) explain the strategies used by teachers of Islamic religious education to instill attitudes of tolerance, (3) describe the results obtained by instilling attitudes of tolerance instilled in students. students from the Aliyah Negeri 1 Madrasah, Malang city. To achieve the above objectives, a qualitative research approach is used that contains an explanation of the data obtained in the field. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation and interviews. The data is analyzed by processing the data from the source, presenting the data and drawing conclusions. The evaluation of the research shows that (1) the attitude of tolerance that is instilled is an attitude of tolerance and tolerance in the social life of the community (2) The strategy used by teachers of Islamic religious education is a method of learning that encourages understanding and practice it and discuss what has been learned. In addition, another strategy is to involve students directly in group issues. (3) The attitude of tolerance reflected in Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang City is to increase cooperation and mutual assistance regardless of the social status of students and to be able to solve problems that arise in groups due to diversity.Keywords: Tolerance cultivation strategy
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-10-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13498
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 4, No 1 (2022): FEBRUARI; 13-23
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13498/10490
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|