INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SELAMAT PAGI INDONESIA KOTA BATU
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SELAMAT PAGI INDONESIA KOTA BATU
|
|
Creator |
Ali, Navila El Kamila
|
|
Description |
ABSTRAKKata kunci: Internalisasi, ToleransiTujuan Penelitian ini adalah: (1) Analisa Nilai toleransi yang ada di SMA Selamat Pagi Kota Batu (2) Analisa Proses internalisasi nilai-nilai toleransi pada pelajaran PAI di SMA Selamat Pagi Kota Batu. (3)Analisa Sikap toleransi peserta didik setelah internalisasi melalui pembelajaran PAI di SMA Selamat Pagi Kota Batu.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik Pengumpulan Datanya menggunakan beberapa metode: (1) Metode Observasi; (2) Metode Wawancara; (3) Metode Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif oleh Spradley.Hasil temuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai Toleransi yang ada dan berkembang di SMA SPI Kota Batu adalah: (1) Nilai toleran dalam bentuk menerima perbedaan latar belakang agama dan saling menghormati dan menghargai perbedaan; (2) Nilai Kejujuran dalam bentuk: mengakui kesalahan, Mengakui dan menyadari sebuah pelanggaran yang memang dilakukan, dan Menjalankan tanggung jawab dengan baik dan benar; (3) Nilai Kedamaian dan kemanusian dalam bentuk rukun dalam perbedaan dan tidak terlalu mengedepankan perbedaan; (4) Nilai Kepedulian dalam bentuk: menggantikan tugas teman yang berhalangan atau sedang melaksanakan ibadah dan senantiasa memikirkan kondisi orang lain; (5) Nilai Keadilan dalam bentuk penerapan peraturan asrama yang merata dan tidak pandang bulu, dan memepertimbangkan tingkat pelanggaran dan kondisi peserta didik dalam memberlakukan hukuman; (6) Nilai Sosial / Kerjasama dalam bentuk: peserta didik yang tidak seagama bertindak sebagai panitia dalam suatu peringatan hari Besar Agama tertentu. 2) Proses Internalisasi Nilai-nilal Toleransi pada Pelajaran PAI di SMA SPI Kota Batu dapat dilihat melalui ranah (a) moral knowing, dapat dilihat dalam hal: (1) Strategi Kelembagaan, yang diwujudkan dalam visi, misi, dan tujuan sekolah, serta disampaikan dalam orientasi; (2) Pendekatan Pembelajaran; yang diimplementasikan melalui pendekatan kontekstual, pendekatan konstruktivisme, pendekatan deduktif-induktif, pendekatan proses dan pendekatan saintifik. 3) Metode Pembelajaran, melalui metode nasehat dan diskusi. 4) Strategi Pembelajaran dalam bentuk: strategi tradisional, strategi bebas, dan strategi evaluasi/refleksi. (b) moral feelling dalam bentuk: a) Membentuk lingkungan moral yang demokratis, dengan ditandai adanya fasilitas tempat ibadah bagi semua agama, Pembelajaran yang komunikatif, b) Membentuk disiplin moral yang tinggi, yang ditandai dengan adanya peraturan yang dilaksanakan, diawasi dan dilakukan penindakan secara ketat dan disiplin. (c) moral action yang diwujudkan dalam bentuk: (1) memberikan pengajaran dan keteladanan; dan (b) strategi integratif antara efektifitas pembelajaran, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, dan pemberdayaan alumni. 3) Sikap Toleransi Peserta Didik Setelah Internalisasi Nilai-nilai Toleransi Melalui Pembelajaran PAI di SMA SPI Kota Batu dapat terlihat beberapa fakta: (1) Kualitas Wawasan Toleransi; (2) Kualitas Kepedulian terhadap sesama; (3) Kualitas Interaksi Sosial; dan (4) Kualitas Rasa Persatuan (Ukhuwwah) ABSTRACTKeywords: Internalization, ToleranceThe aim of this study are: (1) Analysis of tolerance values in SMA Selamat Pagi Kota Batu (2) Analysis of the process internalizing the values of tolerance in Islamic Education lessons at SMA Selamat Pagi Kota Batu. (3) Analysis of students' tolerance attitudes after internalization through PAI learning at SMA Selamat Pagi Indonesia Kota BatuIn this study, the method used is a type of qualitative research with a case study approach. The data collection technique uses several methods: (1) Observation Method; (2) Interview Method; (3) Documentation Method. The data analysis technique used is the qualitative data analysis technique by Spradley.The results of the research findings in this study are: 1) The values of tolerance that exist and develop in SMA SPI Kota Batu are: (1) Tolerance values in the form of accepting differences in religious backgrounds and mutual respect and respect for differences; (2) The value of honesty in the form of: admitting mistakes, acknowledging and realizing a violation that was indeed committed, and carrying out responsibilities properly and correctly; (3) The value of Peace and humanity in the form of harmony in difference and not putting too much emphasis on differences; (4) Caring value in the form of: replacing the duties of a friend who is absent or currently performing worship and always thinks about the condition of others; (5) The value of Justice in the form of application of boarding rules that is evenly distributed and indiscriminate, and takes into account the level of violations and the conditions of students in imposing punishment; (6) Social Value / Cooperation in the form of: students who are not of the same religion act as a committee in commemoration of certain religious holidays. 2) The Internalization Process of Tolerance Values in Islamic Education in SMA SPI Batu City can be seen in the realm of (a) moral knowing, which can be seen in terms of: (1) Institutional Strategy, which is manifested in the vision, mission and goals of the school, as well as delivered in orientation; (2) Learning Approach; which is implemented through a contextual approach, constructivism approach, deductive-inductive approach, process approach and scientific approach. 3) Learning Method, through the method of advice and discussion. 4) Learning strategies in the form of: traditional strategies, free strategies, and evaluation / reflection strategies. (b) moral feelling in the form of: a) Establishing a democratic moral environment, marked by the existence of facilities for places of worship for all religions, communicative learning, b) Forming high moral discipline, which is marked by the existence of regulations that are implemented, supervised and taken action strictly and discipline. (c) moral action in the form of: (1) providing teaching and modeling; and (b) an integrative strategy between the effectiveness of learning, its application in everyday life, and empowerment of alumni. 3) Students' Tolerance Attitude After Internalizing Tolerance Values through PAI Learning at SMA SPI, Batu City can be seen from the facts: (1) Quality of Tolerance Insights; (2) Quality of care for others; (3) Quality of Social Interaction; and (4) Quality Sense of Unity (Ukhuwwah)
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9611
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 1 (2021): FEBRUARI; 49-72
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/9611/7666
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|