INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAN PERTAMA ISLAM ALMAARIF 01 SINGOSARI MALANG
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAN PERTAMA ISLAM ALMAARIF 01 SINGOSARI MALANG
|
|
Creator |
Nubuuwah, Nurun
|
|
Description |
AbstrakPendidikan di Indonesia merupakan salah satu kunci utama membangun dan membentuk kualitas karakter. Begitu juga dengan karakter yang merupakan bagian dari sebuah proses pendidikan, jika kita membaca pada situasi seperti sekarang ini pada masyarakat di sekitar kita pada saat ini. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan wadah bagi para siswa yang di dalamnya tidak hanya untuk menuntut ilmu saja, disamping itu pula juga ada untuk menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama islam didalamnya, sekaligus untuk membentuk karakter pada siswa. Hal ini diperlukannya karena peran seorang pendidik itu membimbing, mendidik serta mengarahkan dan mengajarkan hal-hal yang positif , benar dan baik kelak siswa tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat. Dengan adanya peran pendidik ataupun pembina kegiatan ektrakulikuler para siswa akan lebih terarah dan dibiasakan berbuat baik serta hormat kepada teman sejawat atau sesamanya dan terhadap orang yang lebih tua dari siswa tersebut.Dalam penelitian ini, usaha-usaha kepala sekolah dengan mencanangkan program-program sekolah yang diutamakan berbobot, baik program prioritas dalam pembelajaran (kecakapan akademik), kegiatan ektrakulikuler, pembelajaran ketrampilan (kecakapan vaksional), juga didukung kecakapan personal dan sosial, tujuannya adalah dalam upaya membentuk karakter bagi peserta didik untuk masa depannya, terutama pada karakter peserta didik, perbuatan maupun perkataanKata Kunci : Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter, Ekstrakulikuler Abstract Education in Indonesia is one of the main keys to building and shaping character qualities. Likewise with character which is part of an educational process, if we read the current situation in the society around us at this time. School as a formal educational institution is a place for students in which it is not only for studying, besides that it is also there to internalize the values of Islamic religious education in it, as well as to shape the character of students. This is necessary because the role of an educator is to guide, educate and direct and teach positive, true and good things that the student will later be useful and beneficial for the family and society. With the role of educators or supervisors of extracurricular activities, students will be more focused and accustomed to doing good and respecting their peers or peers and to people who are older than these students. In this study, the principal's efforts by launching school programs that prioritized weight, both priority programs in learning (academic skills), extracurricular activities, learning skills (vaccine skills), are also supported by personal and social skills, the aim is to shape the character of students for their future, especially in the character of students, actions and words Keywords: Internalization of Islamic Religious Education values, Character, Extracurricular
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-10-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13499
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 4, No 1 (2022): FEBRUARI; 40-44
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13499/10493
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|