STRATEGI MENGAJAR GURU AL-QUR’AN DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA SISWA PADA KEGIATAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA (Studi Kasus di Madrasah Hidayatun Nasyi’in Pasrepan Pasuruan)
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI MENGAJAR GURU AL-QUR’AN DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA SISWA PADA KEGIATAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA (Studi Kasus di Madrasah Hidayatun Nasyi’in Pasrepan Pasuruan)
|
|
Creator |
Sauri, Mochammad Sofyan
|
|
Description |
ABSTRAKSauri, Mochammad Sofyan. 2021. Strategi Mengajar Guru Al-Qur’an dalam Mengatasi Problematika Siswa pada Kegiatan Menghafal Juz ‘Amma (Studi Kasus di Madarasah Hidayatun Nasyi’in Pasrepan Pasuruan). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Malang (UNISMA).Pembimbing: Dr. Ir. Masyhuri Mahfudz, MP dan Dr. Eko Setiawan, M.PdKata kunci: Strategi Mengajar, Guru Al-Qur’an, Kegiatan Hafalan Juz ‘Amma.Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa penerapan membaca Al-Qur’an dengan pembacaan benar dan baik, lebih-lebih kepada penghafal Al-Qur’an kini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu mengetahui mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan Pembacaan Al-Qur’an tersebut. Guru Madrasah mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penanaman ilmu agama dan akhlakul karimah, dan disini peran Madrasah dalam pembenahan Pembacaan Al-Qur’an yang benar dan baik juga ikut andil bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia. Siswa akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan siswa.Tujuan peneliti penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran AL-Qur’an yang di ajarkan guru di Madrasah Hidayatun Nasyi’in. (2) mendeskripsikan media yang dipakai guru dalam memudahkan pembelajaran AL-Qur’an di Madrasah Hidayatun Nasyi’in. (3) mendeskripsikan ukuran keberhasilan tentang guru mengajar Al-Qur’an di Madrasah Hidayatun Nasyi’in. (4) mendeskripsikan tentang buku prestasi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Hidayatun Nasyi’in.Metode penelitian ini adalah peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus untuk menganalisa data-data berupa kalimat atau data. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus, karena itu peneliti harus melihat langsung masalah yang terdapat di lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa didalam penerapan pembacaan Al-Qur’an dengan benar dan baik sesuai ilmu tajwid kepada siswa,pengajaran guru didalam munggunakan strategi khusus dengan cara mengaplikasikan perannya sebagai pendidik, pengajar, Pembelajaran Ekspositori (SPE) plus Metode Tanya Jawab yaitu siswa madrasah menggunakan buku IQRO’ sesuai kemampuan di setiap siswa disertai masukan ilmu tajwid dan praktek pembuatan contoh bebas tentang ilmu tersebut dan tanya jawab, menghafal juz ‘amma bagi siswa yang sudah lulus IQRO’ atau lulus TPQ serta mentarget hafalan surat-surat pendek di setiap masing-masing kelasnya di dalam kegiatan hafalan Juz ‘amma. ABSTRACTSauri, Mochammad Sofyan. 2021. Al-Qur'an Teacher Teaching Strategies in Overcoming Student Problems in Memorizing Juz 'Amma Activities (Case Study at Madarasa Hidayatun Nasyi'in Pasrepan Pasuruan). Thesis. Master of Islamic Education Study Program, Postgraduate of the Islamic University of Malang (UNISMA). Supervisor: Dr. Ir. Masyhuri Mahfudz, MP and Dr. Eko Setiawan, M.PdKeywords: Teaching Strategy, Al-Qur'an Teacher, Juz Memorization Activities This research is motivated by the fact that the application of reading the Qur'an correctly, especially memorizing the Qur'an has now begun to be proclaimed by various educational institutions from elementary to secondary levels, therefore it is necessary to examine the success in implementing the application. The recitation of the Qur'an. Madrasa teachers have a special position in the step of inculcating religious knowledge and morality, and here the role of Madrasas in improving the correct reading of the Qur'an also contributes to the aim of the creating the next generation of noble character, teachers are believed to be able to contribute to society. In classroom learning, the teacher of is dealing with e number of on students who all want attention. Students will develop optimally through positive teacher attention, otherwise negative attention will hinder student development.The purpose of this research, first, is to describe the Al-Qur'an is learning model taught by teachers at Madrasah Hidayatun Nasyi'in. Second, describe the media used by teachers to facilitate an learning the Qur'an at Madrasah Hidayatun Nasyi'in. Third, describe the size of the teacher's success in teaching the Qur'an at Madrasah Hidayatun Nasyi'in. Fourth, describe the book of student achievement in learning the Qur'an at Madrasah Hidayatun Nasyi'in.This study uses a qualitative e approach with descriptive information exposure techniques. Data collection techniques in this study were participant observation, in-depth interviews, and documentation analysis. Given that this study was conducted in more than one site an with different characteristics (multi-case), the data collected was first analyzed individually, then cross-site data analysis was carried out.The results of this study conclude that in applying the correct reading of the Qur'an according to tajwid science to students, teachers have an special an strategy by applying their roles as educators, teachers, Expository Learning (SPE) plus the Question and Answer Method, namely madrasa students use the IQRO book according to the ability of each student accompanied by input from the knowledge of tajwid and the practice of making free examples of the science and asking questions, memorizing juz 'amma for students who have passed IQRO' or passed TPQ and targeting memorizing short letters in each class in the activities memorizing Juz 'amma.
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-10-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/13505
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 4, No 1 (2022): FEBRUARI; 105-111
2337-6325 |
|
Language |
en
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|