STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM 1 PUTRA DESA GANJARAN KABUPATEN MALANG
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM 1 PUTRA DESA GANJARAN KABUPATEN MALANG
|
|
Creator |
Sodik, Sodik
|
|
Description |
 ABSTRAKPesantren adalah lembaga pendidikan non formal yang menggunakan system tradisinoal untuk pembelajarannya,tetapi belakangan ini menemui kesulitan untuk mengntrol pembelajaran dan pemahaman santri. Banyak dari santri mulai jenuh, tidak fokus hingga males untuk masuk dalam sebuah porses belajar mengajar. Sehingga banyak diantra meraka yang kesulitan memahami kitab kuning.Sebenarnya bukan masalah sistem dan metodelogi pembelajaran konvensional dipesantren. Yang menjadi persoalan mendasar, bagaimana system dan metodelogi yang telah ada sekarang ini diperkaya dengan proses akomodasi dan intervensi teknologi pembelajaran modern, yang notabene terus berusaha menemukan berbagai prinsip, teori, dan teknik – teknik metodologis pembelajaran yang semakin produktif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifDalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan sebuah keadaan pembelajaran dipondok pesantren dan strategi pengembangan pembelajaran kitab kuning yang diinginkan di lembaga PPRU I Malang untuk pengembangan rencana pembelajaran.Pengembangan rencana pembelajaran berjalan baik, hasil dari pengembangan pembelajaran sebagai berikut:Santri lebih aktif menerima informasi dan berusaha untuk mencari refrensi sendiri.Santri lebih aktif bermusyawarah sesama teman tentang materi pelajaran yang belum difahami.Santri lebih mudah terkontrol dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh ustadz.Suasana kelas lebih menyenangkan, sehingga sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan terfokus pada materi yang disampaikan.Kata kunci : strategi, pengembangan dan pembelajaran ABSTRACT Pesantren is a non-formal educational institution that uses the traditional system for learning, but lately it has encountered difficulties in controlling the learning and understanding of students. Many of the students are getting bored, not focused until they are lazy to enter a teaching and learning process. So many of them have difficulty understanding the yellow book.Actually, it is not a problem of the conventional pesantren learning system and methodology. The fundamental problem is how the existing systems and methodologies are enriched with the accommodation process and intervention of modern learning technology, which incidentally continues to find various principles, theories, and methodological techniques of learning that are increasingly productive and efficient.This research is a qualitative research In this study, the researcher used a descriptive approach to describe a learning situation in Islamic boarding schools and the desired yellow book learning development strategy at the PPRU I Malang institution for the development of lesson plans.The development of the lesson plan is going well, the results of the learning development are as follows: 1. Santri are more active in receiving information and trying to find their own references. 2. Santri are more active in deliberation with their friends about subject matter that has not been understood. 3. Santri are more easily controlled in doing the tasks given by the ustadz. 4. The classroom atmosphere is more fun, so that learning goes well and is focused on the material presented. Keywords: strategy, development and learning
|
|
Publisher |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/11309
|
|
Source |
Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan; Vol 3, No 2 (2021): AGUSTUS; 69-84
2337-6325 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/TRSN/article/view/11309/8854
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan
|
|