Record Details

GADGET DAN MAHASISWA (Studi Tentang Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Mahasiswa di Universitas Brawijaya)

Respon Publik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title GADGET DAN MAHASISWA (Studi Tentang Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Mahasiswa di Universitas Brawijaya)
 
Creator cahyaningsih, andriani agustina
Ati, Nurul Umi
Abidin, Agus Zainal
 
Description Latar belakang penelitian ini berangkat dari perkembangan dalam bidang teknologi yang telah memberikan fasilitas-fasilitas kepada masyarakat khususnya pada mahasiswa sejak sebelum adanya gadget hingga berkembang pesat seperti sekarang ini. Hal tersebut mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang telah diberikan gadget secara lebih optimal dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satunya yakni mahasiswa di Universitas Brawijaya yang tak luput dari pemanfaatan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang dampak penggunaan gadget terhadap perilaku mahasiswa di Universitas Brawijaya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah Kota Malang dengan situs Universitas Brawijaya. Jenis data penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder dengan sumber data yang berasal dari subjek dan informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri, interview guide dan alat dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan model data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan gadget terhadap perilaku mahasiswa secara tidak sengaja telah menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Karena seharusnya mahasiswa dapat berfikir kritis dan rasional dalam memanfaatkan gadget untuk membantu kegiatan sehari-hari. Adapun dampak positif penggunaan gadget yaitu memudahkan dalam berkomunikasi, memudahkan dalam mendapatkan informasi perihal perkuliahan. Dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya yaitu mahasiswa mengalami disfungsi sosial, mahasiswa menjadi apatis, berkurangnya dalam berinteraksi secara langsung, dan mahasiswa menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut mengakibatkan terbentuknya perubahan perilaku pada mahasiswa tersebut. Meski demikian, mahasiswa menjadi kreatif dalam menggunakan gadget, dapat dengan mudah meng- update berita-berita terbaru dan tentu saja memudahkan kita untuk mempunyai banyak teman.Kata Kunci: Gadget, Mahasiswa, Pengaruh Penggunaan Gadget
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/3693
 
Source Respon Publik; Vol 13, No 3 (2019): Respon Publik; 21-29
Respon Publik; Vol 13, No 3 (2019): Respon Publik; 21-29
23028432
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/3693/3609
 
Rights ##submission.copyrightStatement##