Record Details

PELAYANAN PUBLIK KEIMIGRASIAN BERBASIS GOOD GOVERNANCE (Studi Pada Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang)

Respon Publik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PELAYANAN PUBLIK KEIMIGRASIAN BERBASIS GOOD GOVERNANCE (Studi Pada Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang)
 
Creator Purwastuti, Galuh Ajeng Dwi
Cikusin, Yaqub
Hayat, Hayat
 
Description Pelayanan Publik memberikan definisi pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009). Good governance adalah salah satu tujuan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Setiap lembaga atau instansi pemerintah saat ini berlomba-lomba dalam melaksanakan penyelenggaraan pelayanan untuk menjadi yang terbaik dengan capaian good governance (Hayat : 2017). Berlatar pada perubahan teknologi, kultur, politik, sosial dan ekonomi yang demikian cepat, amat diperlukan suatu reformasi, salah satunya dengan budaya birokrasi, dan prosedur kerja instansi pemerintah guna memungkinkan dikembangkannya kepemimpinan yang berwatak kerakyatan pada birokrasi publik. Suatu reformasi sangat mutlak diperlukan dalam pemberian pelayanan khususnya kepada masyarakat. Good governance merupakan salah satu asas dalam penyelenggaraan negara untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelayanan publik keimigrasian berbasis good governance di Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang. Peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik pada pembuatan paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang menggunakan sistem layanan terpadu (One Step Service) dan keterbukaan informasi yang merupakan salah satu prinsip penting dalam terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), yang bertujuan untuk memangkas birokrasi dan mempermudahkan masyarakat dalam proses pembuatan paspor.  Kata Kunci : Pelayanan Publik, Pelayanan Berbasis Good Governance
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/6052
 
Source Respon Publik; Vol 14, No 1 (2020): Respon Publik; 60-67
Respon Publik; Vol 14, No 1 (2020): Respon Publik; 60-67
23028432
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/6052/4947
 
Rights ##submission.copyrightStatement##