STRATEGI PEMBANGUNAN WISATA KAMPUNG WARNA WARNI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Jodipan Kecamatan Klojen Kota Malang)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PEMBANGUNAN WISATA KAMPUNG WARNA WARNI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN EKONOMI (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Jodipan Kecamatan Klojen Kota Malang)
|
|
Creator |
Nafisah, Sumiati
Ati, Nurul Umi Hayat, Hayat |
|
Description |
Kota malang merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota malang terkenal dengan berbagai macam tempat wisata baik wisata yang berkaitan dengan alam maupun wisata buatan. Salah satu tempat wisata yaitu Kampung Warna Warni yang mengusung tema kampung tematik. Kampung Warna Warni merupakan kampung tematik pertama dikota Malang yang diresmikan pada tahun 2016. Daya tarik pada Kampung Warna Warni yaitu terdapat pada keindahan rumah yang dicat dengan berbagai macam warna dan setiap sudut gang digambar mural yang menarik sebagai spot wisatawan dalam berfoto. Pengelolaan Kampung Warna Warni dilakukan oleh masyarakat. Dengan adanya pembangunan Kampung Warna Warni Jodipan terjadi peningkat dalam taraf ekonomi dimana perekonomian masyarakat sekitar mulai meningkat dengan ada nya pengunjung. Namun terdapat pula permasalahan yaitu tidak adanya peran aktif Pemerintah Kota Malang dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Malang dalam pembangunan kampung warna warni, lahan parkir yang masih kurang strategis, komunikasi yang masih susah ketika ada wisatawan asing serta objek wisata kampung warna warni yang berada di daerah aliran sungai brantas yang dimana mudah terkena bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan penurunan kualitas lingkungan. Untuk itu penulis ingin mengetahui bagaimana strategi pembangunan kampung warna warni sebagai upaya mewujudkan kemandirian ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan Kampung Warna Warni. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kata kunci: Strategi, Pembangunan, Pariwisata
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/10000
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 15, No 3 (2021): Respon Publik; 41-46
Respon Publik; Vol 15, No 3 (2021): Respon Publik; 41-46 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/10000/7934
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|