Pelayanan Publik Berbasis Online dalam Pembuatan KArtu AK/1 (Antar Kerja) menggunakan Sistim Hellowork Pasuruan. (Studi Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pelayanan Publik Berbasis Online dalam Pembuatan KArtu AK/1 (Antar Kerja) menggunakan Sistim Hellowork Pasuruan. (Studi Pada Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan)
|
|
Creator |
Khotimah, Khusnul
Muhsin, Slamet Widodo, Roni |
|
Description |
Pelayanan publik sangat erat kaitannya dengan pemerintahan, karena salah satu tanggung jawab pemerintah ialah memberikan pelayanan kepada masyarakat serta kepuasan pelayanan publik yang diterima masyarakat secara langsung dapat menjadikan tolak ukur dalam menilai kualitas pelayanan. Dinas tenaga kerja merupakan instansi pemerintahan yang bertanggung jawab untuk menangani masalah informasi lowongan kerja dan pelayanan pembuatan Kartu AK/1 di Indonesia. Kartu AK/1 (Antar Kerja). Antar Kerja (Kartu AK/1) merupakan tanda pencari kerja yang dijadikan salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di sebuah isntansi pemerintahan maupun swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik berbasis online yang menggunakan website sistim hellowork pasuruan serta untuk mengetahui faktor apa saja pendukung dan penghambat pelayanan publik yang menggunakan website sistim hellowork pasuruan dalam pembuatan kartu AK/1 di kantor dinas tenaga kerja kabupaten pasuruan. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian deskriftif kualitatif yaitu dengan cara memberikan infomasi dan data secara rill atau berdasarka fakta yang ada dan yang terjadi pada saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) efektivitas penerapan pelayanna publik berbasis online dalam pembuatan kartu AK/1 sudah cukup baik. Dilihat dari komponen standar pelayanan terkait proses penyampaian layanan dengan indikator persyaratan,prosedur, jangka waktu, biaya, produk layanan. Namun ada beberapa kekurangan yaitu pada penanganan pengaduan. (2) faktor pendukung yang mampu menunjang efektivitasan pelayanan yakni lingkungan kerja yang kondusif, motivasi kerja, kemampuan SDM yang mumpuni, serta disiplin kerja yang tinggi. Adapun faktor penghambat pelayanan dalam pembuatan kartu AK/1 yaitu Akses internet yang kurang cepat dan tidak tersedianya koperasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kupaten Pasuruan.Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kartu AK/1
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/4406
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 13, No 5 (2019): Respon Publik; 90-95
Respon Publik; Vol 13, No 5 (2019): Respon Publik; 90-95 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/4406/3948
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|