EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERKAWINAN PADA KANTOR URUSAN AGAMA ( Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERKAWINAN PADA KANTOR URUSAN AGAMA ( Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )
|
|
Creator |
Jamilah, Lailina
Ati, Nurul Umi Suyeno, Suyeno |
|
Description |
ABSTRAKKantor Urusan Agama sebagai sebuah organisasi yang memberikan pelayanan pendaftaran perkawinan kepada masyarakat luas di tuntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perkembangan yang selalu ada serta terus melakukan perubahan-perubahan. Tercapainya efektivitas organisasi ditentukan oleh kinerja pegawai dalam menjalankan tugas yang diemban. Setiap organisasi tentu berharap para pegawainya mampu melaksanakan tugasnya dengan efektif, efisien, dan profesional. Dengan begitu, organisasi dapat memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan sekaligus berdaya saing yang tinggi, sehingga nantinya akan menghasilkan kualitas pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan perkawinan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Pada penelitian metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif (Interactive model) dari Milles and Hubberman dan Saldana (1992). Efektivitas kinerja pegawai dalam memenuhi komponen standar pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2014 oleh Kantor Urusan Agama dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pencatatan perkawinan sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari 2 komponen standar pelayanan yang sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu: komponen standar pelayanan terkait proses penyampaian layanan (service delivery) serta komponen standar pelayanan terkait proses pengelolaan pelayanan (manufacturing).Upaya yang sudah dilakukan KUA Kecamatan Lowokwaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu penggunaan SIMKAH (Sistem Informasi Nikah) serta adanya program diklat yang diberikan kepada pegawai sesuai dengan jabatan yang dimiliki. Sedangkan faktor pendukung dari efektivitas kinerja pegawai yaitu lingkungan kerja yang kondusif, motivasi kerja yang tinggi, kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni serta disiplin kerja yang tinggi. Faktor penghambat yaitu kurang memadainya sarana dan prasarana yang disediakan serta keterbatasan sumber daya manusia.Kata kunci : efektivitas, KUA, perkawinan, standar pelayanan
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-01-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/1958
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 13, No 1 (2019): RESPON PUBLIK; 40-51
Respon Publik; Vol 13, No 1 (2019): RESPON PUBLIK; 40-51 23028432 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/1958/1930
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|