Record Details

EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATU (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1)

Respon Publik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATU (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1)
 
Creator Pratama, Nimas Aulia Nandha
Muchsin, Slamet
Widodo, Roni Pindahanto
 
Description ABSTRAKLatar belakang penelitian ini berawal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu meluncurkan beberapa inovasi pelayanan publik guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan itu sendiri, diantaranya yaitu, Mobil Senyum, 3 in 1, dan PKK Penak. Inovasi-inovasi ini dibuat dengan tujuan memberikan kemudahan pelayanan untuk masyarakat yang memiliki kepadatan aktivitas sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus dokumennya, selain itu juga memudahkan untuk masyarakat yang sudah lanjut usia, penyandang cacat atau berkebutuhan khusus agar mereka tidak harus bersusah payah datang ke kantor dispenduk capil dan memberikan pelayanan terbaik agar mereka tetap merasa aman dan nyaman.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya inovasi dalam pelaksanaan pelayanan publik kepada masyarakat, dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pelaksanaan inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Jenis data penelitian ini yakni data primer dan sekunder dengan sumber data yang berasal dari dokumen, foto, jurnal kegiatan,catatan, laporan, dll. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Analisis Data Kualitatif (Milles, Mattew B.Hubberman A :1992). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1) sudah diterapkapkan dengan dimensi pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Namun, terdapat beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain sarana dan prasarana untuk masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai inovasi-inovasi yang terdapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu. (2) Faktor penghambat pelaksanaan inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu adalah kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat langsung, kurangnya jumlah sumber daya manusia yang ditempatkan dilapangan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya pertemuan rutin kepada instansi-instansi terkait setiap satu sampai tiga bulan sekali, bertujuan untuk evaluasi membangun pelayanan publik yang lebih berkualitas. Dan juga terdapat fasilitas untuk ibu dan anak seperti ruang menyusui dan tempat bermain anak yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang mengantri lainnya. Kata Kunci : Efektivitas, Inovasi Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-08-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8133
 
Source Respon Publik; Vol 14, No 4 (2020): Respon Publik; 59-69
Respon Publik; Vol 14, No 4 (2020): Respon Publik; 59-69
23028432
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8133/6707
 
Rights ##submission.copyrightStatement##