IMPLEMENTASI SISKOHAT DALAM PELAYANAN HAJI STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI SISKOHAT DALAM PELAYANAN HAJI STUDI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MALANG
|
|
Creator |
Devi, Eka Prameswari
Afifuddin, Afifuddin Suyeno, Suyeno |
|
Description |
ABSTRAKPenelitian ini berisi tentang bagaimana implementasi SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) dalam Pelayanan Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Malang. SISKOHAT merupakan suatu sistem yang diciptakan Kementerian Agama RI untuk mengelola data dan informasi jemaah haji. SISKOHAT hadir bertujuan untuk memudahkan pelayanan bagi calon jemaah haji. Mengingat calon jemaah haji yang mendaftar setiap tahunnya terus bertambah, hal tersebut dapat dilihat dari bertambahnya daftar waiting list di Indonesia. Dimana saat ini waiting list di Kota Malang pada tahun 2021telah mencapai 31, tahun sehingga diperlukan suatu sistem untuk mengelola data tersebut, namun dalam implementasinya tentu terdapat faktor pendorong dan penghambat. Penelitian ini, menggunakan jenis penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data ialah primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik analisis data Model Interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari, pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasinya SISKOHAT pada Kementerian Agama Kota Malang telah memiliki standar kebijakan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan pemerintah, memiliki sumberdaya manusia maupun nonmanusia sebagai pendukung, komunikasi yang terjalin diantara pegawai dan kepala seksi, struktur birokrasi pada PHU dengan didasari oleh norma dalam pemberian layanan serta dukungan penuh dari semua pihak yang ada. Sehingga SISKOHAT dapat memberikan pengaruh pada kondisi sosial, ekonomi, dan politik suatu organisasi. Namun dalam implementasinya ternyata masih ditemukan kendala dalam hardware dan peopleware. Kata Kunci: Implementasi, SISKOHAT, Pelayanan, Haji, Kementerian Agama
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12105
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 15, No 7 (2021): Respon Publik; 13-20
Respon Publik; Vol 15, No 7 (2021): Respon Publik; 13-20 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12105/9404
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|