STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT TINGGI DARAMISTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Study Kasus di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT TINGGI DARAMISTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Study Kasus di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep)
|
|
Creator |
Junaidi, A.
Ati, Nurul Umi Suyeno, Suyeno |
|
Description |
Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Dengan adanya pariwisata ini, maka suatu negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat obyek wisata itu berada, akan mendapatkan pemasukan dari pendapatan setiap obyek wisata. Pengembangan Obyek Wisata Bukit Tinggi Daramista memilki peran yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian daerah. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pendapatan yang dihasilkan dari wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi pengembangan bagi Obyek Wisata Bukit Tinggi Daramista Dalam Upaya Meningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi berdasarkan purposive sampling. Metode analisis data yang dipergunakan adalah Interactive model dari Milles and Hubberman dan Saldana (1992). Hasil penelitian menunjukkan dalam Strategi terlihat posisi pengembangan sektor pariwisata di Obyek Bukit Tinggi Daramista berada di posisi Strategi Pertumbuhan, yaitu memanfaatkan secara optimal. Dan jumlah pendapatan mengalami peningkatan dan penurunan setiap tahunnya disebabkan oleh faktor jumlah wisatawan. Strategi pengembangan Obyek Wisata Bukit Tinggi Daramista Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih memiliki beberapa kendala dalam mengembangkan sehingga diperlukan adanya strategi pengembangan Obyek Wisata dalam meningkatkan pendapatan asli daerah bahwa terdapat empat strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam pengembangan Obyek Wisata diantara lain, Perbaikan jalan ke lokasi Obyek Wisata, Meningkatkan fasilitas dan wahana, Melestraikan Budaya Lokal, Pembinaan Membuka Wirausaha. Namun di dalam penerapan strategi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat yang muncul baik secara internal maupun eksternal.Kata kunci :Pengembangan Obyek Wisata Bukit Tinggi Daramista; Pendapatan Daerah
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8013
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 14, No 2 (2020): Respon Publik; 1-10
Respon Publik; Vol 14, No 2 (2020): Respon Publik; 1-10 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8013/6598
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|