STRATEGI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA BATU (Studi Pada Dinas Sosial Kota Batu)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA BATU (Studi Pada Dinas Sosial Kota Batu)
|
|
Creator |
Izza, Nelly Nurul
Afifuddin, Afifuddin Suyeno, Suyeno |
|
Description |
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya penerima bantuan PKH atau baisa yang disebut dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Melihat kondisi masyarakat miskin itu maka, sangat diperlukannya upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin kemudian Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencanangkan Program Keluarga Harapan di tahun 2006 dan bekerjasama dengan Bank Dunia. Terlepas dari masalah itu penerima bantuan PKH di Kota Batu mengalami kenaikan yang cukup signifikan, menurut koordinator PKH Kota Batu yang ia miliki berjumlah 2176 penerima. Seperti yang diketahui jumlah penerima semakin bertambah tetapi hasil masih menjadi tanda tanya. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dalam penelitian ini maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya strategi Dinas Sosial terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Batu memiliki nilai yang signifikan yakni dalam kategori baik yakni dengan skor 9986. Akan tetapi nilai signifikan sebesar 9986 tersebut juga masih memiliki banyak masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan Program Keluarga Harapan terutama di Kecamatan Junrejo Kota Batu. Meskipun tanggapan responden secara umum meanyatakan bahwasannya pelaksanaanya menyatakan sudah cukup bagus namun masih terdapat beberapa masalah yang cukup krusial yakni terkait dengan lambatnya proses pencairan bantuan uang tunai, sosialisasi yang kurang dipahami oleh sebagian masyarakat, pemberdayaan bantuan program kewirausahaan yang kurang dioptimalkan, serta masyarakat yang juga masih menggunakan bantuan uang tunai mereka untuk kebutuhan pokok mereka bukan untuk pembukaan lapangan usaha yang bisa mereka kelola secara mandiri. Kata Kunci: Strategi, Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12008
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 15, No 5 (2021): Respon Publik; 16-22
Respon Publik; Vol 15, No 5 (2021): Respon Publik; 16-22 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12008/9293
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|