STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ROWO KLAMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) (Studi Pada Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ROWO KLAMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) (Studi Pada Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang)
|
|
Creator |
Maheta, Nyoranita Jayanti
Cikusin, Yaqub Abidin, Agus Zainal |
|
Description |
ABSTRAKStrategi merupakan suatu proses yang bersifat membangun sebuah inovasi baru dimana nanti dapat menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Dalam pengembangan destinasi wisata di pedesaan membutuhkan strategi yang efektif dan efisien sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam pengembangan wisata tersebut. Keberhasilan dalam pengembangan wisata terdapat pada tingkat pengelolaan wisata dan tersedianya berbagai sarana dan prasaran yang memadai di destinasi wisata. Destinasi Wisata yang menarik dapat menjadi daya tarik wisatawan diberbagai daerah domestik dan internasional. Destinasi wisata dipedesaan yang terkenal merupakan poin untuk kesejahteraan masyarakat sekitar karena dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung dapat menambah pendapatan pihak-pihak pengelola wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pengembangan wisata Rowo Klampok berbasis kearifan lokal (local wisadom). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif (Interactive model) dari Milles and Hubberman (1992). Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa upaya dan strategi pemerintah Desa Senggreng cukup baik dalam pengembangan wisata Rowo Klampok. Namun perlu pengoptimalan dalam memenuhi fasilitas umum dan inovasi baru yang lebih menarik di tempat wisata sehingga dapat menarik wisatawan di berbagai daerah. Peluang di wilayah wisata Rowo Klampok cukup banyak dan potensi cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan mengoptimalkan peluang dan potensi yang terdapat di wilayah tersebut dapat menjadikan strategi pengembangan wisata Rowo Klampok. Produk-produk lokal dan budaya lokal dapat dipromosikan sebagai elemen dalam srategi pengembangan wisata Rowo Klampok di Desa Senggreng. Kata kuci: Strategi, Pengembangan wisata, Rowo Klampok, Kearifan lokal
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8157
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 14, No 5 (2020): Respon Publik; 34-42
Respon Publik; Vol 14, No 5 (2020): Respon Publik; 34-42 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8157/6723
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|