Record Details

STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ROWO KLAMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) (Studi Pada Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang)

Respon Publik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ROWO KLAMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) (Studi Pada Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang)
 
Creator Maheta, Nyoranita Jayanti
Cikusin, Yaqub
Abidin, Agus Zainal
 
Description ABSTRAKStrategi merupakan suatu proses yang bersifat membangun sebuah inovasi baru dimana nanti dapat menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Dalam pengembangan destinasi wisata di pedesaan membutuhkan strategi yang efektif dan efisien sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam pengembangan wisata tersebut. Keberhasilan dalam pengembangan wisata terdapat pada tingkat pengelolaan wisata dan tersedianya berbagai sarana dan prasaran yang memadai di destinasi wisata. Destinasi Wisata yang menarik dapat menjadi daya tarik wisatawan diberbagai daerah domestik dan internasional. Destinasi wisata dipedesaan yang terkenal  merupakan poin untuk kesejahteraan masyarakat sekitar karena dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung dapat menambah pendapatan pihak-pihak pengelola wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pengembangan wisata Rowo Klampok berbasis kearifan lokal (local wisadom). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan analisis data kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif  (Interactive model) dari Milles and Hubberman (1992). Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa upaya dan strategi pemerintah Desa Senggreng cukup baik dalam pengembangan wisata Rowo Klampok. Namun perlu pengoptimalan dalam memenuhi fasilitas umum dan inovasi baru yang lebih menarik di tempat wisata sehingga dapat menarik wisatawan di berbagai daerah. Peluang di wilayah wisata Rowo Klampok cukup banyak dan potensi cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan mengoptimalkan peluang dan potensi yang terdapat di wilayah tersebut dapat menjadikan strategi pengembangan wisata Rowo Klampok. Produk-produk lokal dan budaya lokal dapat dipromosikan sebagai elemen dalam srategi pengembangan wisata Rowo Klampok di Desa Senggreng. Kata kuci: Strategi, Pengembangan wisata, Rowo Klampok, Kearifan lokal
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-08-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8157
 
Source Respon Publik; Vol 14, No 5 (2020): Respon Publik; 34-42
Respon Publik; Vol 14, No 5 (2020): Respon Publik; 34-42
23028432
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8157/6723
 
Rights ##submission.copyrightStatement##