KUALITAS PELAYANAN TERA ULANG UNTUK PEDAGANG PASAR KABUPATEN MALANG (STUDI PADA UPT METROLOGI LEGAL KABUPATEN MALANG)
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KUALITAS PELAYANAN TERA ULANG UNTUK PEDAGANG PASAR KABUPATEN MALANG (STUDI PADA UPT METROLOGI LEGAL KABUPATEN MALANG)
|
|
Creator |
indarti, lutfi -
|
|
Description |
Antusiasme pedagang pasar dalam pelayanan tera ulang masih tergolong minim. Masih banyak timbanganyang belum terdapat cap tanda tera digunakan pedagang untuk berjualan. Keluhan-keluhan dari masyarakat masihbanyak diberikan. Misalnya tempat pelayanan yang tidak nyaman, biaya yang dibebankan tergolong mahal, danlainnya. Melihat hal ini, maka perlu adanya penilaian kualitas pelayanan yang diberikan UPT Metrologi legal kepadapasar kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Tera ulang diPasar Kabupaten Malang sehingga bisa menambah antusiasme pedagang untuk melakukan Tera ulang pada alatUTTPnya yang selama ini masih kurang. Sehingga terwujudnya pasar yang tertib ukur tanpa adanya kecurangan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dandokumentasi dengan subjek pegawai Metrologi legal dan informan dari pedagang pasar Kabupaten Malang.Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kualitas pelayanan Tera ulang di Pasar Kabupaten Malang sudahcukup memenuhi prinsip penyelenggaraan pelayanan publik berdasarkan Keputusan Menteri Negara PemberdayaanAparatur Negara Nomor 63/ KEP / M.PAN/7/ 2003 secara keseluruhan. Namun masih ada beberapa poin yang kurangseperti keadaan lingkungan, kejelasan biaya, dan akurasi dalam pelayanan. Keberhasilan pelayanan Tera ulang dipasar diukur dari jumlah pemilik alat UTTP yang menerakan alat UTTPnya secara keseluruhan. Hal ini ditentukanoleh kesadaran pedagang itu sendiri. Kesadaran pedagang dapat ditingkatkan dengan upaya peningkatan sosialisasidan pengawasan UPT Metrologi legal Kabupaten Malang. Selain dengan meningkatkan kualitas pelayanan yangdiberikan oleh UPT Metrologi legal, juga perlu dilakukan penguatan fungsi dan penambahan personil pengamat tera.Selanjutnya dengan mendidik tenaga penyidik pegawai negeri sipil agar dapat dilakukan sanksi tegas sesuai undangundangsehingga pedagang pasar memiliki tanggung jawab dan efek jera jika tidak melakukan Tera ulang.Kata Kunci : Tertib Ukur, Pelayanan Tera Ulang, alat UTTP1. PENDAHULUANDalam kehidupan kita sehari-hari sebagaimakhluk sosial
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-09-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/1568
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 12, No 2 (2018): Respon Publik
Respon Publik; Vol 12, No 2 (2018): Respon Publik 23028432 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/1568/1547
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|