Record Details

REVITALISASI SMK BERBASIS TECHNOPARK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN PERCETAKAN UNTUK MASYARAKAT DI SMKN 4 MALANG

Respon Publik

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REVITALISASI SMK BERBASIS TECHNOPARK SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN PERCETAKAN UNTUK MASYARAKAT DI SMKN 4 MALANG
 
Creator Lestari, Shinta Dwi
Muchsin, Slamet
Suyeno, Suyeno
 
Description ABSTRAKRevitalisasi SMK merupakan inovasi dalam pendidikan program kejuruan sesuai dengan isi In struksi Presiden No. 9 Tahun 2016 guna mewujudkan tujuan pembangunan pendidikan nasional sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Technopark salah satu inovasi dari revitalisasi SMK. Technopark merupakan suatu wadah sebagai display hasil dari masing-masing program keahlian berupa barang/jasa pelayanan. Penelitian ini di angkat dari permasalahan kualitas pelayanan dan bertujuan untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan Technopark pasca Revitalisasi SMK secara rinci. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini dipilih untuk menyajikan data secara sistematis dan akurat untuk menggali fakta-fakta mengenai Revitalisasi SMK Berbasis Technopark Sebagai Upaya Optimalisasi Pelayanan Untuk Masyarakat di SMKN 4 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Pelayanan sebelum revitalisasi hanya berupa UPJ kecil yang kemudian dikembangkan menjadi Technopark. Kualitas pelayanan di Technopark menggunakan aspek Tangible, Realibility, Responsivineess, Assurance dan Emphaty ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai keinginan masyarakat antara lain kurang sarana dan prasarana, ketepatan waktu, kerapihan dan kecermatan pegawai dalam melayani. Kemudian upaya yang dilakukan untuk optimalisasi pelayanan melalui pengadaan pelatihan untuk pegawai, meningkatkan beberapa sarana, dibangunkan ruangan yang lebih luas dan terpusat, memberikan bentuk informasi dan pelayanan jasa secara elektronik (2)Pendukung optimalisasi pelayanan ada pada sekolah dan Pemerintah Daerah tetapi kendala yang dihadapi dalam optimalisasi pelayanan melalui revitalisasi yakni kekurangan sumber daya manusia. Kata Kunci: Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Technopark
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-07-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12425
 
Source Respon Publik; Vol 15, No 10 (2021): Respon Publik; 40-44
Respon Publik; Vol 15, No 10 (2021): Respon Publik; 40-44
23028432
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/12425/9641
 
Rights ##submission.copyrightStatement##