KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS PACIRAN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN
Respon Publik
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS PACIRAN DI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN
|
|
Creator |
Nasruddin, Moh. Ikhwan
Afifuddin, Afifuddin Sekarsari, Retno Wulan |
|
Description |
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat serta keberadaan Puskesmas diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Untuk itu pelayanan kesehatan yang diberikan harus baik sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang ada. Tujuan penelitian pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Paciran adalah untuk mengetahui sejauh mana Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan, dan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Paciran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian yang bertujuan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga komponen yaitu antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Paciran di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan sudah baik, pasien yang datang rata-rata sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Paciran. (2) Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat dengan empat indikator, pertama mendapatkan pelayanan yang baik, kedua menyelesaikan tugas yang dilakukan dengan cepat, ketiga petugas memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik, dan keempat merespon/menanggapi dengan baik keluhan pasien. (3) Faktor pendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas Paciran Kabupaten Lamongan adalah keramahan petugas, tidak ada perlakuan maupun perbedaan pelayanan, sarana prasarana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat pelayanan kesehatan di Puskesmas Paciran Kabupaten Lamongan adalah keterlambatan dalam pelayanan, lamanya antrian untuk pelayanan di loket dan masih kurangnya lahan parkir di area Puskesmas Paciran. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/9933
|
|
Source |
Respon Publik; Vol 15, No 2 (2021): Respon Publik; 57-66
Respon Publik; Vol 15, No 2 (2021): Respon Publik; 57-66 23028432 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/9933/7879
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|