KAJIAN ASPEK PEMASARAN PADA BISNIS RITEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI KASUS PADA LAMONGAN PLAZA)
JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KAJIAN ASPEK PEMASARAN PADA BISNIS RITEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI KASUS PADA LAMONGAN PLAZA)
|
|
Creator |
Miranda, Popy Septia
Saroh, Siti - Zunaida, Daris - |
|
Subject |
Ilmu Administrasi, Manajemen Bisnis, Business Administration
— Administrasi Bisnis |
|
Description |
Fokus kajian penelitian ini adalah aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan. Kajian tersebut berhubungan dengan kelebihan dan kelemahan aspek pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkaji kelebihan dan kelemahan dalam aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Lamongan Plaza. Subyek penelitiannya adalah Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Lamongan melalui UPT Lamongan Plaza dan Pasar Modern. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai metode analisa datanya menggunakan metode analisis data deskriptif, dengan komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.Mengenai aspek pemasaran yang berhubungan dengan strategi produk, pihak UPT memperhatikan lima tingkatan produk, atribut produk, dan klasifikasi produk. Sedangkan untuk strategi produk khusus tersendiri pihak UPT tidak ada. Mengenai srategi harga, pihak UPT juga memperhatikannya, karena harga adalah hal yang utama dituju oleh konsumen. Disini pihak UPT juga menjalankan 7 dari 9 fungsi utama strategi penyaluran. Strategi promosi yang dijalankan yaitu bauran promosi, namun untuk faktor-faktor bauran promosi belum sepenuhnya dijalankan. Pihak UPT merasakan kesulitan dan bingung dalam mengidentifikasi dan menyeleksi pesaing. Pihak UPT juga melakukan beberpa cara untuk memperluas pangsa pasar. Sedangkan untuk mempertahankan pangsa pasar hanya menggunakan pertahanan rusuk saja.
|
|
Publisher |
LPPM FIA Unisma Malang
|
|
Contributor |
Aspek Pemasaran, Bisnis Ritel, Persaingan.
|
|
Date |
2020-06-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel yang dipeer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6830
|
|
Source |
JIAGABI; Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI; 117-125
JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis); Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI; 117-125 2302-7150 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6830/5507
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|