Record Details

KAJIAN ASPEK PEMASARAN PADA BISNIS RITEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI KASUS PADA LAMONGAN PLAZA)

JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KAJIAN ASPEK PEMASARAN PADA BISNIS RITEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI KASUS PADA LAMONGAN PLAZA)
 
Creator Miranda, Popy Septia
Saroh, Siti -
Zunaida, Daris -
 
Subject Ilmu Administrasi, Manajemen Bisnis, Business Administration

Administrasi Bisnis
 
Description Fokus kajian penelitian ini adalah aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan. Kajian tersebut berhubungan dengan kelebihan dan kelemahan aspek pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengkaji kelebihan dan kelemahan dalam aspek pemasaran bisnis ritel di Kabupaten Lamongan yaitu Lamongan Plaza dalam menghadapi persaingan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Lamongan Plaza. Subyek penelitiannya adalah Perusahaan Daerah Pasar Kabupaten Lamongan melalui UPT Lamongan Plaza dan Pasar Modern. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai metode analisa datanya menggunakan metode analisis data deskriptif, dengan komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.Mengenai aspek pemasaran yang berhubungan dengan strategi produk, pihak UPT memperhatikan lima tingkatan produk, atribut produk, dan klasifikasi produk. Sedangkan untuk strategi produk khusus tersendiri pihak UPT tidak ada. Mengenai srategi harga, pihak UPT juga memperhatikannya, karena harga adalah hal yang utama dituju oleh konsumen. Disini pihak UPT juga menjalankan 7 dari 9 fungsi utama strategi penyaluran. Strategi promosi yang dijalankan yaitu bauran promosi, namun untuk faktor-faktor bauran promosi belum sepenuhnya dijalankan. Pihak UPT merasakan kesulitan dan bingung dalam mengidentifikasi dan menyeleksi pesaing. Pihak UPT juga melakukan beberpa cara untuk memperluas pangsa pasar. Sedangkan untuk mempertahankan pangsa pasar hanya menggunakan pertahanan rusuk saja.
 
Publisher LPPM FIA Unisma Malang
 
Contributor Aspek Pemasaran, Bisnis Ritel, Persaingan.
 
Date 2020-06-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel yang dipeer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6830
 
Source JIAGABI; Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI; 117-125
JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis); Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI; 117-125
2302-7150
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/6830/5507
 
Rights ##submission.copyrightStatement##