Record Details

Mengoptimalkan Karakter dalam Pembelajaran Matematika yang Dapat Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa

Jurnal Inovasi Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mengoptimalkan Karakter dalam Pembelajaran Matematika yang Dapat Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa
 
Creator Nugraha, Rizky Aditya
 
Description Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mengoptimalkan karakter dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Artikel ini merupakan gagasan penulis, sekaligus merupakan  telaah literatur untuk menemukan solusi yang tepat bagaimana mengoptimalkan karakter yang dapat meningkatkan jiwa nasionalisme siswa. Dari gagsan dan kajian yang dilakukan maka dapat dideskripsikan bahwa, ada banyak nilai pada pembelajaran matematika yang perlu ditanamkan pada siswa, untuk itu dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang menumbuhkan nasionalisme perlu dioptimalkan karakter; 1) analitis, 2) kehati-hatian, 3) keberanian, 4) berpikir kritis, 5) kerja keras, 6) suka memecahkan masalah, dan 7) percaya diri. Selain itu perlu juga diringi pengembangan karakter sosial yang memerlukan keteladanan guru, yaitu 1) peduli lingkungan sosial, 2) demokratis, dan 3) menghargai pendapat orang lain. Pembelajaran matemateka yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme perlu dilakukan secara kontinu dan dikaji pelaksanaannya, serta membutuhkan dukungan dari keluarga, guru, sekolah dan masyarakat. Kata kunci: optimalisasi, karakter, pembelajaran matematika, nasionalisme
 
Publisher Jurnal Inovasi Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2018-12-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1729
 
Source Jurnal Inovasi Pendidikan; Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan
2579-4388
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1729/1663
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1729/1664
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi Pendidikan