ANALISIS LAYANAN INSTRUKSIONAL GURU SEKOLAH DASAR (SD)
Jurnal Inovasi Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS LAYANAN INSTRUKSIONAL GURU SEKOLAH DASAR (SD)
|
|
Creator |
Anshory, Ichsan
Deviana, Tyas Kumalasani, Maharani Putri |
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan instruksional atau layanan pembelajaran guru meliputi 1) tahap perencanaan pembelajaran, 2) tahap implementasi pembelajaran, dan 3) tahap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat yaitu berdasarkan hasil penelitian bahwa layanan instruksional guru di SD Muahammadiyah 5 Batu sudah sesuai dengan tahapan pelaksanaan pembelajaran mulai dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran. Namun demikian dari tiap-tiap tahap layanan instruksional yang dilakukan perlu ditingkatkan, yaitu pada tahap perencanaan hendaknya guru membuat sendiri RPP sesuai dengan lingkungan sekitar siswa, begitu juga LKS harus disesuaikan dengan karakteristik siswa. Tahap implementasi guru harus menggunakan modl dan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa terlibat dalam pembelajaran sehingga memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Tahap evaluasi guru hendaknya melakukan penilaian baik proses maupun hasil, serta menilai aspek perkembangan meliputi aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Kata Kunci: Layanan, Instruksional, Guru Sekolah Dasar
|
|
Publisher |
Jurnal Inovasi Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-12-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1719
|
|
Source |
Jurnal Inovasi Pendidikan; Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Inovasi Pendidikan
2579-4388 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1719/1653
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi Pendidikan
|
|