Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “DD/CT” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Jurnal Inovasi Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “DD/CT” UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
 
Creator Alifiani, Alifiani
Walida, Sikky El
 
Description Abstrak: Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa Kelas 4A Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang belum memiliki  kemampuan berpikir kritis yang baik. Sebagian besar mahasiswa masih berpikir prosedural. Hanya ada 2 dari 25 mahasiswa yang mendapat nilai tes lebih dari atau sama dengan 75, yang berarti hanya 8% mahasiswa yang dapat berpikir kritis dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran “DD/CT” guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas 4A. Penelitian ini tergolong dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan dalam siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari plan, act, observe, dan research. Hasil dari siklus 1, setelah diberi tindakan berupa model pembelajaran DD/CT, kemampuan berpikir kritis mahasiswa mulai membaik yaitu 40% mahasiswa mulai mampu berpikir kritis. Namun hasil tersebut masih belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga perlu dilakukan perbaikan di siklus 2. Setelah dilakukan beberapa perbaikan pada siklus 2, 88% mahasiswa dapat berpikir kritis. Hasil ini seudah memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DD/CT ini mampu membantu mengembangkan proses berpikir kritis mahasiswa.Kata Kunci    : DD/CT, Kemampuan Berpikir Kritis, Mahasiswa Kelas 4A
 
Publisher Jurnal Inovasi Pendidikan
 
Contributor
 
Date 2019-07-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/3436
 
Source Jurnal Inovasi Pendidikan; Vol 2, No 2: Jurnal Inovasi Pendidikan
2579-4388
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/3436/3095
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/3436/3096
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Pendidikan