PENGEMBANGAN BUKU GURU DAN SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES, JOYFULL LEARNING DAN KEUNGGULAN LOKAL PADA KELAS IV TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU
Jurnal Inovasi Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN BUKU GURU DAN SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES, JOYFULL LEARNING DAN KEUNGGULAN LOKAL PADA KELAS IV TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU
|
|
Creator |
Satriyani, Febrianti Yuli
|
|
Description |
Abstract: The purpose of this study is to produce a teacherbook and studentbook based on multiple intelligences, joyfull learning and local excellence on the theme of the area where I live is: (1) valid in theory, (2) the feasibility and benefit levels are high, and (3) effective to achieve learning objectives.This study includes research development. This study uses a model of development simplification ofBorg and Gall which includes: (1) preliminary study, (2) planning, (3) the design of the product, (4) validation of products, (5) product trials, and (6) of the final product. At this stage of stats and testing of products, in order to more clearly researchers used a modified steps ofDick andCarey.The results showed that the teacher book and studentbook has developed a very valid value to the percentage achievement of 92.5%, has a very good level of feasibilityto the percentage achievement of88%, very helpful with percentage achievement of 91% and very effective with the percentage of achievement 91% to achieve the learning objectives in the theme area where I lived in class IV MIT Ar-RoihanLawang District of Malang. Keywords: Teacherbook, Studentbook, Multiple Intelligences, Joyfull learning and Local Exellence. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku guru dan buku siswa berbasis multipleintelligences, joyfulllearning dan keunggulan lokal pada tema daerah tempat tinggalku yang: (1) valid secara teoretik, (2) memiliki tingkat keterlaksanaan dan kemanfaatan yang tinggi, serta (3) efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan penyederhanaan dari Borg&Gall yang meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, dan (6) produk akhir. Pada tahap perencanaa dan uji coba produk, agar lebih jelas peneliti menggunakan beberapa langkah yang dimodifikasi dari Dick &Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa yang dikembangkan memiliki nilai yang sangat valid dengan persentase ketercapaian 92,5%, memiliki tingkat keterlaksanaan yang sangat baik dengan persentase ketercapaian 88%, sangat bermanfaat dengan persentase ketercapaiam 91% dan sangat efektif dengan persentase ketercapaian 91% untuk mencapai tujuan pembelajaran pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV MIT Ar-Roihan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Kata Kunci : Buku guru, Buku siswa, Multiple Intelligences, Joyfull Learning, Keunggulan Lokal.
|
|
Publisher |
Jurnal Inovasi Pendidikan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/219
|
|
Source |
Jurnal Inovasi Pendidikan; Vol 1, No 1 (2017): JURNAL INOVASI PENDIDIKAN
2579-4388 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/219/278
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jurnal Inovasi Pendidikan
|
|