PENGARUH MULTIPLE QUECHING TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA ASSAB 760
Jurnal Teknik Mesin
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH MULTIPLE QUECHING TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA ASSAB 760
|
|
Creator |
Rizal, Syaiful
Hartono, Priyagung Raharjo, Artono |
|
Description |
Dari bagian mesin, sering dijumpai suatu bahan yang diperlukan kekerasan dan keliatanya, misalnya poros transmisi dan roda gigi saat mengalami perpindahan perseneling, poros transmisi dan roda gigi mengalami beban puntir. Kemudian memperoleh hasil yang baik, komponen-komponen dari mesin-mesin tersebut selanjutnya diberi perlakuan panas seperti pengerasan, penempaan, penemperan yang bertujuan memperbaiki sifat-sifat logam tersebut. Proses Hardening adalah pemanasan yang dilakukan untuk mendapatkan kekerasan dari bahan, adapun prosesnya mula-mula baja dipanaskan sampai pada daerah atau diatas temperatur kritis, kemudian dilanjutkan dengan pendingin cepat, pada setiap operasi perlakuan panas, laju pemanasan merupakan faktor yang penting. Media pendingin yang digunakan adalah oli dan udara, untuk uji material ASSAB 760 dilakukan struktur mikro dan kekerasan, hasil penelitian menunjukkan untuk kekerasan material tanpa perlakuan diperoleh hasil 527,56 HVN dan struktur mikro diketahui perlit 87,3% dan ferrit 12,7%. Pendingin oli di peroleh hasil 570 HVN dan struktur mikro diketahui perlit 38,4%, ferrit 34,5%, dan martensit 27,1%. Pendingin udara diperoleh hasil 468,73 HVN dan struktur mikro di ketahui perlit 44,3%, ferrit 15,7%, dan martensit 36,9%.
|
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-10-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/666
|
|
Source |
Jurnal Teknik Mesin; Vol 6, No 01 (2016): Jurnal Teknik Mesin
2337 -6546 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/666/649
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jurnal Fakultas Teknik Mesin
|
|