Record Details

PENGARUH MULTIPLE QUECHING TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA ASSAB 760

Jurnal Teknik Mesin

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MULTIPLE QUECHING TERHADAP PERUBAHAN KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA ASSAB 760
 
Creator Rizal, Syaiful
Hartono, Priyagung
Raharjo, Artono
 
Description Dari bagian mesin, sering dijumpai suatu bahan yang diperlukan kekerasan dan keliatanya, misalnya poros transmisi dan roda gigi saat mengalami perpindahan perseneling, poros transmisi dan roda gigi mengalami beban puntir. Kemudian memperoleh hasil yang baik, komponen-komponen dari mesin-mesin tersebut selanjutnya diberi perlakuan panas seperti pengerasan, penempaan, penemperan yang bertujuan memperbaiki sifat-sifat logam tersebut. Proses Hardening adalah pemanasan yang dilakukan untuk mendapatkan kekerasan dari bahan, adapun prosesnya mula-mula baja dipanaskan sampai pada daerah atau diatas temperatur kritis, kemudian dilanjutkan dengan pendingin cepat, pada setiap operasi perlakuan panas, laju pemanasan merupakan faktor yang penting. Media pendingin yang digunakan adalah oli dan udara, untuk uji material ASSAB 760 dilakukan struktur mikro dan kekerasan, hasil penelitian menunjukkan untuk kekerasan material tanpa perlakuan diperoleh hasil 527,56 HVN dan struktur mikro diketahui perlit 87,3% dan ferrit 12,7%. Pendingin oli di peroleh hasil 570 HVN dan struktur mikro diketahui perlit 38,4%, ferrit 34,5%, dan martensit 27,1%. Pendingin udara diperoleh hasil 468,73 HVN dan struktur mikro di ketahui perlit 44,3%, ferrit 15,7%, dan martensit 36,9%.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM MALANG
 
Contributor
 
Date 2017-10-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/666
 
Source Jurnal Teknik Mesin; Vol 6, No 01 (2016): Jurnal Teknik Mesin
2337 -6546
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/666/649
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Fakultas Teknik Mesin