Record Details

PENGARUH CATALYTIC CONVERTER ALUMUNIUM TIPE SARANG LEBAH TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR DIESEL

Jurnal Teknik Mesin

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH CATALYTIC CONVERTER ALUMUNIUM TIPE SARANG LEBAH TERHADAP EMISI GAS BUANG MOTOR DIESEL
 
Creator Hariyanto, Bambang
Wahab, Abdul
Lesmanah, Unung
 
Description Motor diesel merupakan jenis motor pembakaran dalam yang dimana bahan bakar menyala akibat tekanan kompresi yang tinggi didalam silinder. Perbandingan campuran udara dengan bahan bakar, waktu penginjeksian bahan bakar, dan jumlah oksigen yang terkandung dalam udara kering disekitar, merupakan aspek operasional yang mempengaruhi kerja motor diesel tersebut tuajuan penelitian ini untuk mempelajari karakteristis motor diesel ( Torsi, daya dan emisi gas buang ) penelitian dilakukan dengan uji ekperimental pada mesin diesel, dengan menambahkan catalytic converter pada bagian kenalpot mesin disel tersebut, pada putaran 1500, 2000 dan 3000 rpm. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perubahan torsi dan daya akibat penggunaan catalytic converter pada mesin diesel, torsi awal jika di rata”kan tiap rpm adalah 136,04 Nm torsi setelah menggunakan catalytic converter 136,04. Sedangkan pengurangan kadar kepekatan asap (opacity smoke) sebelum menggunakan catalytic converter 11,08% setelah menggunakan catalytic converter 6,77% (jika di ambil rata-ratanya tiap rpm). pengaruh catalytic converter pada kandungan zat CO, sebelum menggunakan catalytic converter 8,53% setelah menggunakan catalytic converter menjadi 7,7% (diambil dari rata-rata tiap rpm). Pada kandungan zat CO2 sebelum menggunakan catalytic converter 10,8% setelah menggunakan catalytic converter menjadi 10,2% jika di ambil rata-rata tiap rpmnya. Pada kandungan zat O2 sebelum menggunakan catalytic converter 6,63% setelah mennggunakan catalytic converter menjadi 6,8% di ambil dari rata-rata tiap rpm, bisa di simpulkan pemasangan catalytic converter pada mesin diesel tidak menggangu kinerja atau performa mesin diesel tersebut, malahan cukup berpengaruh dalam mengurangi kandungan zat-zat racun yang di hasilkan oleh mesin diesel tersebut. Keywords: Diesel Engine, catalytic converter, emisi gas buang
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM MALANG
 
Contributor
 
Date 2019-02-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
artikel
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/2320
 
Source Jurnal Teknik Mesin; Vol 11, No 01 (2018): Jurnal Teknk Mesin; 7-11
2337 -6546
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/2320/2321
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/2320/2322
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Teknik Mesin