Record Details

PENGARUH KEKERASAN PEGAS dengan ROLLER 13 GRAM TERHADAP TORSI dan DAYA MOTOR VARIO 110 CC

Jurnal Teknik Mesin

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KEKERASAN PEGAS dengan ROLLER 13 GRAM TERHADAP TORSI dan DAYA MOTOR VARIO 110 CC
 
Creator Efendi ZulsilHamdi, efendi Zulsil
 
Description ABSTRAKPerkembangan duniaiotomotifisangatipesati salahisatunyaiadalahisepeda motor. Produsenisepeda motoritelahimemproduksiisepedaimotorimatic yang memiliki sistemi transmisiiotomatis atauidisebut Continuously Variable Transmissioni(CVT). Sepeda motorimaticibekerjaidenganiputaranimesinisehinggaimemilikiiperformanceiyang cenderug lambat.iOlehikarenaiituiperluiadanyaimodifikasiiCVT untukimeningkatkanidaya dan torsi sepedaimotor.iTujuanidariipenelitian iniiuntuk membandingkanidayaidanitorsi yang dihasilkanioleh pegasiCLDi1.000,i1.500,i2.000irpmidenganirolleri13igram (standar) pada sepeda motoriVarioi110icc.iPenelitian iniidilakukan denganicara mengaturimasing-masingivariasiipegasiCLDidenganirolleri13igramikemudianimengambilidataidayaidan torsi sepedaimotorimenggunakanidynotest.iPegasiCLDi1.000 rpm menghasilkan daya maksimum 9,76 Hpidanitorsiimaksimumi6,41iNmipadaiputaranimesin 8000irpm.iPegas CLDi1.500irpmimenghasilkanidayaimaksimumi9,77iHpipadaiputaranimesini8000irpm dan torsiimaksimumi6,43 Nmipada putaran mesini7500 rpm.iPegasiCLDi2.000irpm menghasilkan dayaimaksimumi9,76iHpidanitorsiimaksimumi6,41iNmipadaiputaranimesin 8000irpm.iKetiga variasiipegasitersebutidikombinasikan denganiroller 13igrami(standar). PegasiCLDi1.500irpmicocokidigunakaniuntukijalanilurus,isedangkanipegasistandaricocokidigunakaniuntukijalanitanjakan,itikungan-tikungan,idanikemacetan. Kataikunci:iVarioi110icc;ipegasiCLD;iroller;idaya;itorsiABSTRACT iTheidevelopmentiofitheiautomotiveiworldiisiveryifast,ioneiofiwhichiisimotorbikes.Motorcycleimanufacturersihaveiproducedi automaticimotorbikesithatihavei an automatic transmission system called Continuously Variable Transmission (CVT).I Automatic motorbikesiworkiwithiengineispeedisoithatitheyihaveiaiperformance thatitends to be slow. Therefore it isinecessary toimodify the CVT to increase the poweriand torqueiofithe motorbike.Theipurposeiofithisistudyiwasitoicompareitheipowerianditorqueiproducediby the CLDi1,000, 1,500,i2,000irpmispringsiwith a 13igram rolleri(standard) oniai110 cciVario motorcycle. Thisiresearchiwas conducted by adjusting eachivariationiofitheiCLD spring with a 13igramirollerithenitaking theipower anditorque dataiofithei otorbike usingithe dynotest.iThei1,000irpmiCLDispring producesia maximumipower ofi9.76ihp andia maximumitorqueiofi6.41 Nm at an engine speed ofi8,000 rpm.iTheiCLDi1,500 rpm springiproducesiaimaximumipoweriofi9.77ihpiati8,000irpmiandiaimaximum torqueiofi6.43 Nm ati7,500irpmiengineispeed.iThei2,000irpmiCLDispringiproducesiaimaximumipoweriof 9.76iHpiandiaimaximumitorqueiofi6.41iNmiati8,000irpmiengineispeed.iTheithreeivariationsiofitheispringiareicombinediwithiai13igrami(standard)iroller.iTheiCLDi1,500irpmispringsiareisuitableiforistraightiwalks,iwhile theistandard springsiare suitableiforiinclines, curvesiand trafficijams.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM MALANG
 
Contributor
 
Date 2021-08-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
artikel
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343
 
Source Jurnal Teknik Mesin; Vol 17, No 1 (2021); 39
2337 -6546
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343/9762
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343/9763
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin