PENGARUH KEKERASAN PEGAS dengan ROLLER 13 GRAM TERHADAP TORSI dan DAYA MOTOR VARIO 110 CC
Jurnal Teknik Mesin
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KEKERASAN PEGAS dengan ROLLER 13 GRAM TERHADAP TORSI dan DAYA MOTOR VARIO 110 CC
|
|
Creator |
Efendi ZulsilHamdi, efendi Zulsil
|
|
Description |
ABSTRAKPerkembangan duniaiotomotifisangatipesati salahisatunyaiadalahisepeda motor. Produsenisepeda motoritelahimemproduksiisepedaimotorimatic yang memiliki sistemi transmisiiotomatis atauidisebut Continuously Variable Transmissioni(CVT). Sepeda motorimaticibekerjaidenganiputaranimesinisehinggaimemilikiiperformanceiyang cenderug lambat.iOlehikarenaiituiperluiadanyaimodifikasiiCVT untukimeningkatkanidaya dan torsi sepedaimotor.iTujuanidariipenelitian iniiuntuk membandingkanidayaidanitorsi yang dihasilkanioleh pegasiCLDi1.000,i1.500,i2.000irpmidenganirolleri13igram (standar) pada sepeda motoriVarioi110icc.iPenelitian iniidilakukan denganicara mengaturimasing-masingivariasiipegasiCLDidenganirolleri13igramikemudianimengambilidataidayaidan torsi sepedaimotorimenggunakanidynotest.iPegasiCLDi1.000 rpm menghasilkan daya maksimum 9,76 Hpidanitorsiimaksimumi6,41iNmipadaiputaranimesin 8000irpm.iPegas CLDi1.500irpmimenghasilkanidayaimaksimumi9,77iHpipadaiputaranimesini8000irpm dan torsiimaksimumi6,43 Nmipada putaran mesini7500 rpm.iPegasiCLDi2.000irpm menghasilkan dayaimaksimumi9,76iHpidanitorsiimaksimumi6,41iNmipadaiputaranimesin 8000irpm.iKetiga variasiipegasitersebutidikombinasikan denganiroller 13igrami(standar). PegasiCLDi1.500irpmicocokidigunakaniuntukijalanilurus,isedangkanipegasistandaricocokidigunakaniuntukijalanitanjakan,itikungan-tikungan,idanikemacetan. Kataikunci:iVarioi110icc;ipegasiCLD;iroller;idaya;itorsiABSTRACT iTheidevelopmentiofitheiautomotiveiworldiisiveryifast,ioneiofiwhichiisimotorbikes.Motorcycleimanufacturersihaveiproducedi automaticimotorbikesithatihavei an automatic transmission system called Continuously Variable Transmission (CVT).I Automatic motorbikesiworkiwithiengineispeedisoithatitheyihaveiaiperformance thatitends to be slow. Therefore it isinecessary toimodify the CVT to increase the poweriand torqueiofithe motorbike.Theipurposeiofithisistudyiwasitoicompareitheipowerianditorqueiproducediby the CLDi1,000, 1,500,i2,000irpmispringsiwith a 13igram rolleri(standard) oniai110 cciVario motorcycle. Thisiresearchiwas conducted by adjusting eachivariationiofitheiCLD spring with a 13igramirollerithenitaking theipower anditorque dataiofithei otorbike usingithe dynotest.iThei1,000irpmiCLDispring producesia maximumipower ofi9.76ihp andia maximumitorqueiofi6.41 Nm at an engine speed ofi8,000 rpm.iTheiCLDi1,500 rpm springiproducesiaimaximumipoweriofi9.77ihpiati8,000irpmiandiaimaximum torqueiofi6.43 Nm ati7,500irpmiengineispeed.iThei2,000irpmiCLDispringiproducesiaimaximumipoweriof 9.76iHpiandiaimaximumitorqueiofi6.41iNmiati8,000irpmiengineispeed.iTheithreeivariationsiofitheispringiareicombinediwithiai13igrami(standard)iroller.iTheiCLDi1,500irpmispringsiareisuitableiforistraightiwalks,iwhile theistandard springsiare suitableiforiinclines, curvesiand trafficijams.
|
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion artikel |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343
|
|
Source |
Jurnal Teknik Mesin; Vol 17, No 1 (2021); 39
2337 -6546 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343/9762
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/12343/9763 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin
|
|