STUDI PERENCANAAN KAPASITAS AREAL PARKIR TERMINAL NDAO ENDE PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
Jurnal Rekayasa Sipil
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STUDI PERENCANAAN KAPASITAS AREAL PARKIR TERMINAL NDAO ENDE PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
|
|
Creator |
Karim, Abdul
|
|
Description |
Terminal merupakan salah satu komponen penting dalam sistem transportasi yang berperan sebagai titik penumpang dan barang masuk dan keluar dari suatu sistem. Kenyataan yang sering terjadi adalah bahwa kondisi parkir kendaraan, termasuk pula penyalahgunaan fungsi ruang parkir, penataan layout fasilitas yang kurang tepat dan kurang sesuai, menyebabkan ketidak disiplinan para pengemudi/operator. Untuk menentukan fasilitas parkir pada suatu lokasi, diperlukan suatu standar kebutuhan parkir yang baik agar ruang parkir yang disediakan dapat menampung kendaraan yang parkir sesuai tujuannya. Studi ini bertempat di Jl. Sultan Hasannudin Kelurahan Ndao, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.. Adapun pengambilan data ini berlangsung selama 1 minggu dimulai pukul 06.00 - 21.00, mengacu pada metode survey sekali waktu (Cross-sectional survey). Berdasarkan hasil analisa data didapatkan bahwa (1) Karakteristik parkir untuk kendaraan roda empat dan roda dua memiliki akumulasi parkir mobil maksimum pada hari kerja terjadi pada hari Jumat pukul 06.00 – 07.00 WITA yaitu sebesar 23 kendaraan, sedangkan akumulasi parkir minimum terjadi pada hari Jumat pukul 11.00 – 11.30 WITA sebesar 4 kendaraan sedangkan akumulasi parkir motor maksimum terjadi pada hari Rabu pukul 10.30 – 11.00 WITA sebesar 33 kendaraan dan akumulasi parkir mobil maksimum pada hari libur terjadi pada hari Minggu pukul 08.30 – 09.30 WITA yaitu sebesar 19 kendaraan sedangkan akumulasi parkir motor maksimum terjadi pada hari Sabtu pukul 06.00 – 06.30 WITA dan pukul 12.00 – 12.30 sebesar 15 kendaraan. (2) Dari hasil analisa karakteritik parkir kendaraan pada Terminal untuk indeks parkir mobil maksimum pada hari kerja terjadi pada hari Jumat pukul 06.30 – 07.00 WITA dengan presentase 0,47% sedangkan indeks parkir motor maksimum terjadi pada hari Rabu pukul 10.30 – 11.00 WITA dengan presentase 0,55% dan indeks parkir mobil maksimum pada hari libur terjadi pada hari Minggu pukul 08.30 – 09.30 WITA dengan presentase 0,24% sedangkan indeks parkir motor maksimum terjadi pada hari Sabtu pukul 06.00 – 06.30 WITA dengan presentase 0,17%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/15196
|
|
Source |
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 11, No 4 (2022); 78-90
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 11, No 4 (2022); 78-90 2337-7739 2337-7720 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/15196/11409
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Abdul Karim
|
|