Record Details

Studi Perencanaan Jalan Mantangai – Lamunti (STA.5+400 – 12+400) Di Kota Kuala Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah

Jurnal Rekayasa Sipil

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Studi Perencanaan Jalan Mantangai – Lamunti (STA.5+400 – 12+400) Di Kota Kuala Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah
 
Creator Saputra, Hendy
 
Description Jalan Mantangai – Lamunti merupakan jalan alternatif yang sering digunakan untuk bepergian menuju Kecamatan Mantang dari Kota Kuala Kapuas begitu juga sebaliknya dikarenakan dengan melalui ruas Jalan Mantangai – Lamunti memberikan efisiensi bagi pengguna jalan baik itu dalam segi waktu, tenaga maupun biaya. Oleh karena itulah dilakukannya perencanaan perkerasan jalan agar mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan yang melaluii ruas Jalan Mantangai - Lamunti. Metode yang digunakan dalam penyusunan studi ini adalah dengan Metode Analisa Komponen. Adapun langkah-langkah untuk menentukan Tebal Lapis Struktur Perkerasan Jalan tersebut adalah Jalur Rencana, Umur Rencana (UR), Indeks Permukaan (IP), Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR), Angka Ekivalen (E), Lintas Ekivalen Permulaan (LEP), Lintas Ekivalen Akhir (LEA), Lintas Ekivalen Tengah (LET), Daya Dukung Tanah (DDT), Faktor Regional (FR), dan Indeks Tebal Perkerasan (ITP). Sedangkan untuk analisa drainasenya sendiri dilakukan dengan mengolah data curah hujan dan menganalisa hidrologi dengan tahapan Pengujian Konsistensi, Perhitungan Hujan dengan Metode Rata – rata Aljabar, Analisa  Dengan Metode Log Person Type III, Analisa Uji Frekwensi, Analisa Debit Rancangan dan Dimensi Saluran. Dari hasil perhitungan Tebal Lapis Struktur Perkerasan Jalan Kalimantan Provinsi Mantangai – Lamunti dengan tebal lapis permukaan 7,5 cm menggunakan Laston, tebal lapis pondasi atas 20 cm menggunakan batu pecah kelas A, tebal lapis pondasi bawah 21 cm menggunakan sirtu kelas A dengan umur rencana 10 tahun. Untuk analisa hidrologi dengan pengolahan data curah hujan dari dua stasiun penakar hujan yaitu Stasiun Dadahup dan Stasiun Mandomai sehingga diperoleh nilai untuk luas penampang saluran sebesar 0,424 m2, keliling aliran air pada salaran sebesar 2,92 m, keceepatan aliran air dalam saluran sebesar 1,101 m/detik dan kapasitas saluran sebesar 0,4668 m3/detik, dimana saluran yang direncanakan adalah saluran dengan bentuk trapesium. Kata Kunci : perencanaan jalan, perkerasan lentur, drainase jalan raya
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-07-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1116
 
Source Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil; 178 - 187
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil; 178 - 187
2337-7739
2337-7720
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1116/1141
 
Rights Copyright (c) 2018 Hendy Saputra