Studi Perencanaan Jembatan Kali Surabaya Pada Akses Tol Sumo Dengan Balok Beton Pratekan Tipe I Girder
Jurnal Rekayasa Sipil
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Studi Perencanaan Jembatan Kali Surabaya Pada Akses Tol Sumo Dengan Balok Beton Pratekan Tipe I Girder
|
|
Creator |
Ferdiansyah, Indra
|
|
Description |
Dalam tugas akhir ini dilakukan studi perencanaan jembatan kali Surabaya pada akses tol Surabaya-Mojokerto di Kabupaten Mojokerto dengan balok beton pratekan tipe I girder sebagai struktur utamanya. Jembatan Kali Surabaya mempunyai bentang total yaitu 128,8 m dan lebar 11,15 m, panjang jembatan kali Surabaya dibagi menjadi III bentang yaitu bentang I: 40,60 m, bentang II: 47,60 m, dan bentang III: 40,60 m. Perencanaan ini dimulai dengan pengumpulan data-data teknis yang diperlukan dalam perencanaan. Untuk pembebanan pada jembatan ini menggunakan (Standard pembebanan untuk jembatan) RSNI T-02-2005, SNI T-12-2004 (Perencanaan struktur beton untuk jembatan). Hasil perencanaan besarnya pembebanan pada lantai kendaraan dari perhitungan beban primer didapat berat plat lantai kendaraan: 1608,8 Kg/m, beban sendiri I girder: 2500,5 Kg/m, beban hidup: 2442,9 Kg/m dan beban garis: 12348 kg, sedangkan untuk beban sekunder diperoleh beban angin : 342,1 Kg/m dan akibat gaya rem: 9000 Kg. Besarnya momen maksimum (Mmax) yang terjadi akibat berat sendiri I girder: 708191,6 Kgm, akibat berat lantai kendaraan: 455633 Kgm, akibat berat diafragma: 45239 Kgm, akibat beban hidup: 838828,6 Kgm, akibat beban angin : 96894,4 Kgm, akibat beban rem: 29700 Kgm. Perencanaan dimensi plat lantai kendaraan diperoleh tebal plat lantai: 20 cm dengan tulangan pokok: D16 - 150 mm, dan tulangan bagi: D13 – 200 mm. Hasil perhitungan direncanakan I girder sebanyak 6 buah dengan jarak antar girder 185 cm, dimensi I girder didapat tinggi girder 245 cm, tebal badan web 20 cm, lebar flens atas 80 cm, tebal flens atas 20 cm, lebar flens bawah 70 cm, tebal flens bawah 25 cm. I girder dengan panjang L: 47,60 m menggunakan 4 tendon masing-masing terdapat 19 strand. Fo: 1468120 Kg mengalami kehilangan prategang total sebesar 13,49 %, sedangkan lendutan total yang terjadi sebesar 3,792 cm. Semua dimensi yang dipakai memenuhi persyaratan dari beban yang bekerja. Pada perencanaan pondasi digunakan pondasi tiang pancang sebanyak 30 buah dengan kedalaman 24 meter, diameter 60 cm, selimut beton 45 mm, menggunakan tulangan pokok 10D13, tulangan spiral D10 - 30 mm. Kata Kunci : Jembatan pratekan, I girder, Akses Tol Sumo
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-12-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1707
|
|
Source |
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil; 70 - 84
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Rekayasa Sipil; 70 - 84 2337-7739 2337-7720 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1707/1648
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Indra Ferdiansyah
|
|