Studi Perencanaan Jalan Pada Ruas Jalan Lamunti-Penda Ketapi (STA. 12+400-23+000) Kecamatan Mantangai Kota Kuala Kapuas Kalimantan Tengah
Jurnal Rekayasa Sipil
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Studi Perencanaan Jalan Pada Ruas Jalan Lamunti-Penda Ketapi (STA. 12+400-23+000) Kecamatan Mantangai Kota Kuala Kapuas Kalimantan Tengah
|
|
Creator |
Sulaiman, Sulaiman
|
|
Description |
Jalan Lamunti-Penda Ketapi merupakan jalan alternatif yang sering digunakan untuk bepergian menuju Kecamatan Mantang dari Kota Kuala Kapuas begitu juga sebaliknya dikarenakan dengan melalui ruas Jalan Lamunti-Penda Ketapi memberikan efisiensi bagi pengguna jalan baik itu dalam segi waktu, tenaga maupun biaya. Oleh karena itulah dilakukannya perencanaan perkerasan jalan agar mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan yang melaluii ruas Jalan LamuntiPenda Ketapi. Metode yang digunakan dalam penyusunan studi ini adalah dengan Metode Analisa Komponen. Adapun langkah-langkah untuk menentukan Tebal Lapis Struktur Perkerasan Jalan tersebut adalah Jalur Rencana, Umur Rencana (UR), Indeks Permukaan (IP), Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR), Angka Ekivalen (E), Lintas Ekivalen Permulaan (LEP), Lintas Ekivalen Akhir (LEA), Lintas Ekivalen Tengah (LET), Lintas Ekivalen Rencana (LER), Daya Dukung Tanah (DDT), Faktor Regional (FR), dan Indeks Tebal Perkerasan (ITP). Sedangkan untuk analisa drainasenya sendiri dilakukan dengan mengolah data curah hujan dan menganalisa hidrologi dengan tahapan Pengujian Konsistensi, Perhitungan Hujan dengan Metode Poligon Thiessen, Analisa Dengan Metode Log Person Type III, Analisa Uji Frekwensi, Analisa Debit Rancangan dan Dimensi Saluran. Dari hasil perhitungan Tebal Lapis Struktur Perkerasan Jalan Lamunti-Penda Ketapi dengan tebal lapis permukaan 5 cm menggunakan Laston, tebal lapis pondasi atas 20 cm menggunakan batu pecah kelas B, tebal lapis pondasi bawah 52,31 cm menggunakan sirtu kelas A dengan umur rencana 10 tahun. Untuk analisa hidrologi dengan pengolahan data curah hujan dari tiga buah stasiun penakar hujan yaitu Stasiun Pujon, Dadahup dan Stasiun Mandomai sehingga diperoleh nilai untuk luas penampang saluran sebesar 0,8957 m2, keliling aliran air pada salaran sebesar 2,5592 m, kecepatan aliran air dalam saluran sebesar 2,772 m/detik dan kapasitas saluran sebesar 0,0552 m3/detik, dimana saluran yang direncanakan adalah salauran dengan bentuk trapesium. Kata Kunci : Perencanaan Jalan, Perkerasan Lentur , Drainase Jalan
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-07-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1107
|
|
Source |
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil 2337-7739 2337-7720 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1107/1130
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Sulaiman Sulaiman
|
|