Studi Alternatif Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Aplikasi Kenpave Pada Ruas Jalan Karangkates – Jatikerto (Sta 1+500-11+700)
Jurnal Rekayasa Sipil
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Studi Alternatif Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Aplikasi Kenpave Pada Ruas Jalan Karangkates – Jatikerto (Sta 1+500-11+700)
|
|
Creator |
Sasongko, Aditya Novan
Suprapto, Bambang Rokhmawati, Azizah |
|
Description |
Seiring pesatnya pertambahan jumblah kendaraan setiap tahun di Ruas Jalan Karangkates – Jatikerto mempengeruhi kondisi lapisan pada jalan tersebutdan menyebabkan kerusakan yang terjadi sebelum umur rencana juga mempengaruhi penurunan tingkat pelayanan. Agar pelayananan terhadap pengguna jalan bisa memberikan kenyamanan perlu adanya evaluasi pada jalan tersebut. Perencanaan tebal perkerasan jalan harus di rencanakan sebaik mungkin agar jalan tidak sering mengalami kerusakan yang menyebabkan pengguna jalan terganggu. Metode dalam menyelesaikan studi ini adalah menggunakan pedoman Pd-T-05-2005-B untuk menentukan lapisan permukaan lalu untuk menentukan pondasi atas dan pondasi bawah menggunakan metode Bina Marga 2013 dengan umur rencana jalan sebesar 20 tahun dan dibutuhkan data seperti data lendutan , data LHR, data CBR dan peta topografi serta digunakan Aplikasi Kenpave guna mengontrol kekuatan jalan pada tiap segmennya. Dari studi ini diperoleh kesimpulan yaitu diperoleh hasil perhitungan akumulasi beban selama umur rencana 20 tahun sebesar 38.157.248,61 ESAL, dan teal lapis pada setiap segmennya bervariasi yaitu : I=42 cm; II=42 cm; III=42 cm; IV=47 cm; V=46 cm; VI=45 cm; VII=45 cm; VIII=47 cm; IX=47 cm; X=46 cm dengan kontrol pada Aplikasi Kenpave di segmen 1,2,3,6,7 tidak dapat menahan beban lalu lintas dan di segmen 4,5,8,9,10 dapat menahan beban lalu lintas,lalu solusi untuk tebal perkerasan yang tidak dapat menahan beban lalu lintas diasumsikan dan dikontrol dengan Aplikasi Kenpave dan hasil tebal lapis final pada segmen 1,2,3,6,7 yaitu masing masing I=50 cm; II=50 cm; III=50 cm; VI=50 cm; VII=50 cm. Kata Kunci:Alternatif Perencanaan Jalan, Tebal Perkerasan Jalan, Apliksai Kenpave
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/10220
|
|
Source |
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL; 112-122
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 9, No 2 (2021): JURNAL REKAYASA SIPIL; 112-122 2337-7739 2337-7720 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/10220/8126
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Aditya Novan Sasongko, Bambang Suprapto, Azizah Rokhmawati
|
|