Studi Perencanaan Dermaga Bongkar Muat Batu Bara Desa Marga Sari Kalimantan Selatan
Jurnal Rekayasa Sipil
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Studi Perencanaan Dermaga Bongkar Muat Batu Bara Desa Marga Sari Kalimantan Selatan
|
|
Creator |
Elyanti P.S, Azizah
|
|
Description |
Di propinsi Kalimantan Selatan, pelabuhan berperan strategis menunjang kegiatan arus lalu lintas transportasi angkutan laut dan sebagai penggerak dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian Kalimantan Selatan pada khususnya dan Indonesia Bagian Timur pada umumnya. Dari tahun ke tahun, pelabuhan mengalami peningkatan jumlah muatan yang signifikan khususnya untuk bongkar muat batu bara. Tapin CoalTerminal yang berada di Desa Margasari Kabupaten Rantau ini adalah salah satu perusahaan yang begerak dibidang tambang batu bara, dimana didalamnya terdapat beberapa perusahaan yang berkerja sama disana bersama. Lokasi Desa Margasari dipilih karena strategis baik dari arah darat maupun perairan laut, dengan akses terbaik terhadap jaringan jalan dan sistem utilitas lain.Dengan di bangunnya Tapin Coal Terminal ini diharapkan agar pembangunan dermaga sesuai dengan fungsinya dan menunjang proses kelancaran bongkar muat. Prosedur perencanaan dermaga secara umum adalah sebagai berikut :Penentuan ukuran dermaga dan layout yang digunakan.Penentuan layout balok, posisi tiang pancang, posisi dilatasi antar blokdermaga, lokasi fasilitas lain misal :bollard dan fender. Penentuan asumsi dimensi masing-masing bagian struktur, yaitu plat, balok,tiang pancang dsb.Penentuan beban yang bekerja pada masing-masing bagian struktur, setelah terlebih dahulu ditentukan kebutuhan ukuran fender dan bollard. Perhitungan kekuatan struktur dari masing-masing bagian struktur termasukpenulangan plat, balok, poer dsb.Pengecekkan terhadap stabilitas struktur secara keseluruhan. Dari hasil perhitungan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: peninjauan topografi daerah Di Sungai Negara yang ada di Bangun Pelabuahan Tapin Coal Terminal dan jenis kapal yang akan dilayani serta berdasarkan tanah dasar yang di uji, maka dalam perencanaan ini dipilih dermaga tipe pier atau jetty. Setelah perhitungan energi tumbukan yang timbul dapat ditentukan, selanjutnya dilakukan pemilihan type Fender Rubbing Material V500 H, 1000L r. Maka bila energy fender 93 kN.m, dalam kondisi terkritis fender harus mampu menerima energy 93 kn.m/0,427 m = 217,799 kN.m. yaitu saat tidak semua fender mengenai badan kapal. Untuk Ef yang ditimbulkan akibat tumbukan bulk coal cargo ship 10.000 DWT dalam kondisi kritis sebesar 217,799 kN.m maka tipe fender yang dapat dipilih adalah bentuk dengan data-data sebagai berikut : Energi fender =222 kN-m > 217,799 kN.m . Reaksi fender = 529 kN = 52,9 tonBerat fender = 325 kg/m Defleksi = 52,5 % . Tinggi fender = 500 mm .Panjang fender = 1.75 m Kata Kunci : Dermaga, bongkar muat batu bara, jetty
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-07-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1108
|
|
Source |
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil
Jurnal Rekayasa Sipil; Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Rekayasa Sipil 2337-7739 2337-7720 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/1108/1131
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Azizah Elyanti P.S
|
|