PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Suatu Prinsip-prinsip Pengembangan)
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Suatu Prinsip-prinsip Pengembangan)
|
|
Creator |
Mansur, Rosichin
|
|
Description |
Abstrak Kurikulum, suatu program yang direncanaan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum menjadi salah satu parameter keberhasilan dan kualitas pendidikan. Kurikulum akan selalu berkembang, dan mengikuti perkembangan jaman dan masyarakat. Oleh karena itu suatu lembaga pendidikan yang merupakan bagian dari masyarakat harus selalu melihat perkembangan masyarakat sebagai sumber belajar dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam penyusunan pengembangan kurikulum lembaganya atau institusinya. Tanpa menggunkan pertimbangan perkembangan kehidupan masyarakat sebagai pengalaman sosial dan kultural yang beragam dalam menyusun pengembangan kurikulum PAI Multikutural, maka suatu lembaga pendidikan akan kesulitan dalam membangun lembaganya dan meningkatkan kualitas pendidikan. Selain melihat perkembangan jaman dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum PAI Multikultural, harus melihat prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Prinsip-prinsip pengembangan itu menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum sehingga kurikulum tidak mengalami bias dan menghasilkan kurikulum yang komprehensif. Kata Kunci : Pengembangan, Kurikulum PAI, Multikultural
|
|
Publisher |
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA |
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-11-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165
|
|
Source |
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2016)
VICRATINA; Vol 1, No 2 (2016) 2087-068X |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165/165
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan
|
|