Record Details

KORELASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KORELASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA
 
Creator Muljo, Ariyani
 
Description Abstrak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif, dan untuk melihat berapa besar persentase korelasi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA N 1 Kejuruan Muda. Teknik sampel dalam penelitian iniĀ  yaitu Purposive Sampling. 11 siswa dari 30 siswa memiliki kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian, 2 soal kecerdasan visual spasial dengan 4 indikator (pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola), 2 soal kecerdasan logis matematis dengan 6 indikator (klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran induktif, membentuk hipoesis dan mengecek kembali) dan 2 soal kemampuan berpikir kreatif dengan 4 indikator (berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, kemampuan mengelaborasi). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis, uji-t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan Deviation from linierity antara variabel bebas dengan variabel terikat lebih besar dari taraf siginikansi 0,05 yang berarti data bersifat linier. Nilai ry1y2 = 0,582 hubungan positif yang sedang antara kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif, dengan koefisien determinasi yaitu 58,20% Jadi, besar persentase hubungan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda yaitu 58,20%.Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Logis dan Kemampuan Berpikir Kreatif
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2018-07-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/819
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2017); 47-56
VICRATINA; Vol 2, No 2 (2017); 47-56
2087-068X
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/819/806
 
Rights Copyright (c) 2018 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan