Record Details

MENGGAGAS TEKNIK SUPERVISI KLINIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENGGAGAS TEKNIK SUPERVISI KLINIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN
 
Creator Hanief, Muhammad
 
Description Abstrak Supervisi adalah sebuah kegiatan terencana dan terpadu yang diterapkan untuk mengawasi suatu pekerjaan. Dalam hal ini supervisi pendidikan merupakan suatu kegiatan pengawasan yang dilakukan di bidang pendidikan. Sekolah yang merupakan satuan pendidikan terkecil jabatan supervisor dipegang oleh Kepala Sekolah. Kepala sekolah bertanggungjawab untuk  melakukan pengawasan menyeluruh terhadap staf administrasi dan guru mata pelajaran. Supervisi dalam lembaga pendidikan berkembang dan mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.Pada masa lalu pengertian supervisi lebih ditekankan pada pemberian yang berorientasi pada benar salah sebuah pekerjaan, bahkan terkadang memberikan sanksi dan menjerumuskan. Pada masa sekarang supervisi lebih ditekankan pada kegiatan pembinaan dan pengembangan pada orang yang disupervisi. Hal ini senada dengan pendapat Neagley (2000), ”Supervisi merupakan layanan kepada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, belajar dan kurikulum”. Pengertian tersebut mengisyaratkan bahwa dalam proses supervisibperlu ada suasana kondusif, hubungan yang interaktif dalam suasana kekeluargaan. Abstrak : Supervisi, Klinik, Mutu Pembelajaran
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2016-11-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/162
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2016)
VICRATINA; Vol 1, No 2 (2016)
2087-068X
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/162/168
 
Rights Copyright (c) 2017 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan