Record Details

PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA KELAS VII SMP DR. H. ABDULLAH AHMAD PGAI PADANG

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN SISWA KELAS VII SMP DR. H. ABDULLAH AHMAD PGAI PADANG
 
Creator Iswandi, Iswandi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal al Qur’an bagi peserta didik dengan penerapan metode jibril. Metode ini merupakan metode yang sering digunakan oleh Malaikat Jibril dalam menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad saw. dengan cara malaikat Jibril membacakan dan Nabi Muhammad saw menirukan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik  pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkann hasil penelitian telah dilaksanakan dapat dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui metode jibril dapat meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik kelas VII SMP Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatakan angka presentase kemampuan hafalan peserta didik kelas VII SMP Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang pada kondisi awal yang hanya 54% meningkat menjadi 71% pada siklus I dan menapai angka 92% pada akhir siklus II. Total peningkatan kemampuan hafalan adalah sebesar 46%. Hasil capaian rata-rata pada tahap pra siklus sebesar 58 meningkat menjadi 71 pada siklus I dan menjadi 87 pada siklus II. Total peningkatan rata-rata adalah 29% poin. 
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2019-01-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/1608
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 2 (2018); 37-53
VICRATINA; Vol 3, No 2 (2018); 37-53
2087-068X
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/1608/1767
 
Rights Copyright (c) 2019 Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam