Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia
|
|
Creator |
Sudrajat, Adi
|
|
Description |
Pesantren merupakan pendidikan islam tertua di Indonesia, didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman. Sesungguhnya pesantren dilahirkan atas kesadaran dakwah Islamiyah, yakni penyebaran dan mengembangkan agama Islam. Ciri khas pesantren dan sekaligus unsur-unsur pokoknya, yang membedakannya dengan pendidikan lainnya, yaitu: pondok, masjid, santri, pengajaran kitab-kitab islam klasik, dan kyai. Bentuk dan jenis pesantren secara garis besar, pesantren dapat dibedakan menjadi dua macam, pesantren tradisional dan pesantren modern. Dan ada beberapa metode pembelajaran pesantren diterapkan dalam klasikal maupun non klasikal, antara lain: wetonan atau bandongan, metode sorogan, metode hafalan (tahfidz), metode diskusi, metode majlis taklim. Dengan perkembangannya pesantren banyak memberikan peranan dan tranformasi terhadap beberapa bidang, diantaranya adalah bidang pendidikan Islam, bidang sosial budaya, dan bidang politik. Kata Kunci: Pesantren, Transformasi Pendidikan Islam.
|
|
Publisher |
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA |
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-07-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/824
|
|
Source |
Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2017); 64-88
VICRATINA; Vol 2, No 2 (2017); 64-88 2087-068X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/824/813
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan
|
|