Record Details

Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia
 
Creator Sudrajat, Adi
 
Description Pesantren merupakan pendidikan islam tertua di Indonesia, didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman. Sesungguhnya pesantren dilahirkan atas kesadaran dakwah Islamiyah, yakni penyebaran dan mengembangkan agama Islam. Ciri khas pesantren dan sekaligus unsur-unsur pokoknya, yang membedakannya dengan pendidikan lainnya, yaitu: pondok, masjid, santri, pengajaran kitab-kitab islam klasik, dan kyai. Bentuk dan jenis pesantren secara garis besar, pesantren dapat dibedakan menjadi dua macam, pesantren tradisional dan pesantren modern. Dan ada beberapa metode pembelajaran pesantren diterapkan dalam klasikal maupun non klasikal, antara lain: wetonan atau bandongan, metode sorogan, metode hafalan (tahfidz), metode diskusi, metode majlis taklim. Dengan perkembangannya pesantren banyak memberikan peranan dan tranformasi terhadap beberapa bidang, diantaranya adalah bidang pendidikan Islam, bidang sosial budaya, dan bidang politik. Kata Kunci: Pesantren, Transformasi Pendidikan Islam.
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2018-07-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/824
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2017); 64-88
VICRATINA; Vol 2, No 2 (2017); 64-88
2087-068X
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/824/813
 
Rights Copyright (c) 2018 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan